Advertorial

Wisata Konservasi Dapat Menambah Minat Wisatawan, DPRD Kaltim : Harus Ada Keseriusan Dari Pemerintah

KABARBORNEO.ID – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati melihat potensi menjanjikan dari sektor wisata dengan konsep konservasi yang mulai dipertimbangkan di Kaltim.

Menurutnya, pengembangan konservasi bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan melihat Kaltim memiliki banyak keanekaragaman hayati. Puji juga beranggapan bahwa wisata dengan menerapkan konsep konservasi akan sangat menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kaltim.

Sehingga, proses pengembangan konservasi sangat mungkin untuk dilakukan. Tidak hanya jadi destinasi wisata baru, pengembangan wilayah konservasi juga dapat menjadi upaya dalam pelestarian flora dan fauna.

Sektor wisata dengan konsep konservasi juga bisa menambah jenis destinasi di Kaltim, jika sukses dimaksimalkan dengan baik. Puji katakan, harus ada keseriusan dari pemerintah untuk itu.

“Ada beberapa konservasi yang sudah terbangun di Kaltim. Itu selalu mengundang minat wisatawan,” kata Puji.

BACA JUGA :  Sampah Sisa Makanan Masih Mendominasi Kaltim, Rina Juliati : Perlu Program Pengelolaan yang Komperhensif

Puji menjelaskan, banyak manfaat yang bisa dihasilkan dari kosnsep konservasi, sebagai contoh penangkaran buaya yang ada di Makroman, Samarinda.

Contoh, sebagai manfaat dalam mengembangbiakkan hewan buas yang populasinya terus berkurang. Bahkan juga bisa jadi perantara untuk penelitian ilmiah dan ilmu pengetahuan.

“Bisa juga menjadi tempat wisata. Sebab tidak semua orang bisa melihat buaya di alam liar. Belum lagi kalau di alam liar, ada potensi bahaya yang lebih besar,” sambungnya.

Anggota legislatif dari fraksi Demokrat itu juga menilai, masyarakat akan teredukasi terkait flora dan fauna dengan keberadaan konservasi tersebut. Terlebih bila selaras dengan standar keamanan yang sudah teruji. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button