Advertorial

Jalan Poros Sangasanga-Muara Jawa Amblas, Komisi III DPRD Kaltim Tinjau Kerusakan

KABARBORNEO.ID – Komisi III DPRD Kaltim melakukan peninjauan ke jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Sangasanga dan Kecamatan Muara Jawa yang sebelumnya terputus pada Selasa (6/6). Putusnya jalan yang baru diperbaiki pada Oktober 2022 lalu ini diduga terjadi akibat adanya aktivitas tambang batubara tepat di sisi jalan.

Ditemui sebelum melakukan peninjauan, Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Veridiana Huraq Wang menyampaikan bahwa kunjungan pihaknya ke lokasi jalan yang terputus ini dilakukan untuk melihat seberapa parah kerusakan jalan tersebut dan apakah ada keterkaitan dengan aktivitas pertambangan tepat di sisi jalan.

“Kita lihat dulu kondisi di lapangan seperti apa. Mungkin setelah kami meninjau, kita coba agendakan pertemuan dengan pihak terkait untuk memperoleh informasi dan seperti apa solusinya,” ucap Veridiana Huraq Wang.

BACA JUGA :  Gelar Silaturahmi Baharuddin Demmu Terima Usulan Pelaku UMKM

Wanita yang akrab disapa Veri itu tidak memungkiri bahwa pihaknya tidak bisa berbuat banyak setelah Peraturan Daerah (Perda) tentang pengawasan pertambangan itu dicabut. Sehingga Pemprov Kaltim tidak memiliki pengawasan untuk melakukan pengawasan secara langsung.

“Ya imbasnya kita tidak bisa berbuat banyak dan turun langsung. Tapi paling tidak kita viralkan saja dulu. Karena sekarang, kan modelnya begitu, viralkan dulu baru nanti mendapat perhatian,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Veri menyampaikan bahwa pihaknya akan segera memanggil pihak terkait untuk mencari tahu mengapa jalan yang baru diperbaiki ini bisa terputus.

“Kalau kita yang perbaiki tentu akan memakan waktu, tidak bisa langsung diperbaiki. Tapi paling tidak perusahaan yang harus dibebankan untuk membuat jalan sementara dulu agar masyarakat bisa melewatinya,” pungkasnya. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button