Advertorial

Soal Lumbung Pangan di Kaltim, Samsun Dorong Pemprov Serius Turunkan Program Sektor Pertanian

KABARBORNEO.ID – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun menyebut perlu perlu ada pemetaan yang jelas terhadap wilayah yang memiliki potensi sebagai lumbung pangan di Kaltim.

Salah satu wilayah yang dinilai cocok yakni di Desa Sumber Sari, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Wilayah tersebut memiliki potensi pertanian yang menjanjikan.

“Jangan sampai program yang diturunkan justru di luar dari segmen pertanian,” ucap Samsun usai berkunjung ke Desa Sumber Sari, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada Kamis (23/2/2023).

Selain itu ia juga daerah lainnya ada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). PPU memiliki potensi pertanian begitu besar, harapannya dari potensi lumbung pangan dapat membangun kemandirian sehingga bahan pokok tak perlu lagi bergantung dengan pasokan luar daerah.

BACA JUGA :  Komisi IV DPRD Kaltim Pertanyakan Penyaluran Dana Hibah APBD ke Pihak Kampus ITK Balikpapan

Terlebih ia mengharapkan oleh seluruh pemangku kebijakan yang memiliki kewenangan alih fungsi lahan, jangan sampai lumbung pangan di Kaltim justru dialih fungsikan sebagai kawasan pertambangan.

“Ini lebih bahaya, justru nantinya lumbung pangan kita di Kaltim akan semakin sedikit,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga menegaskan sejauh ini pihaknya juga sangat konsen memperhatikan sektor pertanian yang ada di Kaltim, komitmen mendorong pengembangan pertanian juga ditunjukan melalui beberapa dorongan program khusus seperti irigasi.

“Apalagi tentang irigasi juga merupakan kewenangan Pemprov Kaltim, jadi kami selalu mendorong agar pemprov dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah,” tandasnya. (ATW/ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button