Advertorial

Momentum Hari Lahir Pancasila jadi Pengingat Pentingnya Konsepsi dalam Bernegara

KABARBORNEO.ID – Setiap tanggal 1 Juni, diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Berawal dari sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), kini Pancasila menjadi haluan penentu bangsa Indonesia.

Anggota DPRD Kota Samarinda, Abdul Khairin mengungkapkan, hal ini menjadi momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya konsepsi dalam bernegara.

“Pancasila itu merupakan sesuatu yang harus menjadi urat bagi kita semua bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa,” ujar Abdul Khairin, Senin (3/6/2024).

Sebagai seorang politisi, Abdul Khairin mengingatkan momentum Hari Pancasila ini sebagai bentuk negarawan untuk memahami dan kembali menjalani hidup sesuai dengan sila-sila yang terdapat di naskah Pancasila.

BACA JUGA :  Dua Siswa SMP N 1 Tenggarong Lolos ke Tingkat Nasional Festival Bahasa Ibu

“Pancasila dari sila 1 sampai diujung sila ke-5 adalah ‘keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’ kita semua harus betul-betul memahami apa makna yang terkandung didalamnya,” jelasnya.

Ia mengingatkan kembali pentingnya konsepsi bagi seorang politisi atau negarawan pemimpin untuk kepentingan bangsa. Ia berharap, jangan sampai dalam bernegara atau berpolitik itu untuk meraih kekuasaan dengan cara-cara yang tidak mencerminkan sebagai negara demokrasi konstitusional.

“Indonesia hari ini mulai jauh dari nilai-nilai Pancasila, mari kita semua bersama-sama untuk kembali dan memahami sesungguhnya makna dari Pancasila,” pungkasnya.(Adv/DPRDSamarinda)

Related Articles

Back to top button