Advertorial

Diskominfo Kaltim Siapkan Pemasangan Internet di 55 Desa

KABARBORNEO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim berencana memasang internet di 55 desa, yang terbesar di 6 kabupaten/kota.

Rinciannya, 2 desa di Berau, 9 desa di Kubar, 9 desa di Kukar, 19 desa di Kutim, 3 desa di Mahulu, dan 12 desa di Paser.

Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal menerangkan, di Berau, desa yang menerima ada Desa Gembirang dan Desa Sei Babinir. Di Kubar, ada Desa Mencimai, Ombau Asa, Sendawar, Muara Lawa, Tanjung Isuy, Muara Tae, Muara Kedang, Linggang Bingung dan Sumber Bangun.

Sedangkan di Kukar ada Desa Perian, Sanggulan, Liang, Genting Tanah, Sabintulung, Embalut, Separi, Sebuntal, dan Lebang Cilong.

Sementara di Kutim, ada Desa Sangatta Utara, Swarga Bara, Singa Gembara, Suka Rahmat, Teluk Pandan, Sangatta Selatan, Mukti Jaya, Rantau Makmur, Manunggul Jaya, Kebon Agung, Muara Wahau, Benua Baru, Miau Baru, Sepaso, Sekarat, Kaliorang, Margo Mulyo, Bumi Etam, dan Penagadan.

Kemudian di kabupaten terjauh di Kaltim, Mahulu. Ada Desa Ujoh Bilang, Long Bagun Ilir, dan Long Bagun Ulu. Terakhir di Paser ada Desa Prepara, Bukit Saloka, Modang, Kempang Sari, Prayon, Brewe,  Tiwei, Sekuan Makmur, Petangis, Tebru Paser Damai, Muara Kuaro, dan Petiku.

BACA JUGA :  Hari Tani Nasional ke-62, Muhammad Samsun Sebut Petani Kaltim Jauh dari Kata Sejahtera 

“Nama-nama desa bisa saja berubah, menyesuaikan hasil koordinasi hari ini,” kata Faisal.

Rencananya, percepatan jaringan internet dengan kecepatan 50-100 Mbps dan dipasang di kantor desa dan puskesmas. Lalu untuk internet desa itu akan ditanggung oleh Kominfo selama 1 tahun. Kemudian dilanjutkan oleh pemerintah kabupaten masing-masing melalui Diskominfo atau kantor desa terkait.

Dalam hal ini, Pemprov Kaltim memiliki komitmen untuk menuntaskan masalah jaringan telekomunikasi di semua wilayah se-Kaltim. Tujuannya agar masyarakat bisa mengakses informasi secara mudah.

“Penggunaan jalur fiber optik itu berasal dari perusahaan PT Indonesia Comments Plus dan Telekomunikasi Indonesia Regional Kalimantan,” tutupnya. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button