Advertorial

Lestarikan Budaya Lokal, Disdikbud Kukar Gelar Apresiasi Seni Budaya Daerah Kukar 2023 di 20 Kecamatan

KABARBORNEO.ID – Upaya untuk melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan seni dan budaya tradisi lokal agar dapat bertahan dengan baik dalam menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) yang akan dipindahkan ke Kalimantan Timur. Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berencana akan menggelar Gelar Apresiasi Seni Budaya Daerah (GASBD) tahun 2023 di 20 kecamatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Thauhid Afrilian Noor melalui Sub Koordinator Pembinaan Sejarah Lokal dan Pelestarian Budaya Daerah M. Agus Syarifudin dalam rapat persiapan GASBD 2023 yang digelar di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kukar, Selasa (7/11/2023).

“Kita ingin memberikan ruang bagi kelompok seni dan budaya kecamatan dalam mengekspresikan seni dan budayanya, meningkatkan kepedulian masyarakat kecamatan dalam melestarikan seni budaya dan tradisi lokal setempat, memberikan kesempatan kepada masyarakat di kecamatan khususnya pelaku UKM yang akan memanfaatkan bazar di acara ini, dan memberikan motivasi kepada masyarakat dalam memajukan wilayanya masing-masing,” ujar Agus.

Menurut Agus, jadwal masih tentatif karena ada beberapa kegiatan yang bertabrakan dengan GASBD 2023, seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten di Kecamatan Kota Bangun Darat dan peringatan hari Pahlawan di Kecamatan Muara Kaman.

BACA JUGA :  2024 IKN Diprediksi Beroperasi Penuh, Rusman Yaqub Minta UMKM di Balikpapan Tangkap Peluang

“Kita masih memadukan dengan jadwal di beberapa kecamatan. Karena jadwal yang ditetapkan oleh Disdikbud ternyata bertabrakan dengan kegiatan MTQ tingkat Kabupaten di Kecamatan Kota Bangun Darat serta peringatan hari Pahlawan di Kecamatan Muara Kaman yang tidak bisa kita hindari dan mau tidak mau harus kita geser,” jelasnya.

Untuk anggaran, Agus mengatakan bahwa ada empat kecamatan yang diberi anggaran besar, yaitu Tenggarong, Sebulu, Kota Bangun, dan Tenggarong Seberang. Keempat kecamatan ini diberi anggaran besar karena posisi jumlah penduduk yang banyak serta berada di tengah kota. Anggarannya sekitar Rp 200 juta. Sedangkan untuk kecamatan yang lain sama semua anggarannya.

GASBD 2023 akan diselenggarakan oleh Event Organizer (EO) Kukar Fajri Toys yang telah membagi empat grup untuk menangani kegiatan di 20 kecamatan. Grup 1 ada di kecamatan Muara Wis, Tabang, Kenohan, dan Samboja Barat. Grup 2 di Muara Muntai, Kembang Janggut, Muara Kaman, Sebulu, dan Muara Jawa. Grup 3 ada Kota bangun Darat, Kota Bangun, Tenggarong seberang, Sangasanga, dan samboja. Kemudian Grup 4 ada di Tenggarong, Loa Kulu, dan Loa Janan.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button