Advertorial

Disdikbud Kukar Gelar MGMP, Tingkatkan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris

KABARBORNEO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris untuk meningkatkan kompetensi guru tingkat SMP.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 9-11 Juni 2024, di Hotel Grand Fatma Tenggarong ini, diikuti oleh 200 peserta dari SMP se-Kukar.

Kepala Bidang Kurikulum, Pengembangan Bahasa dan Sastra, Perizinan Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, menjelaskan bahwa tujuan MGMP ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru bahasa Inggris SMP dalam merumuskan proses pembelajaran yang efektif.

“Guru bahasa Inggris harus mampu menemukan formulasi yang tepat dalam proses pembelajaran yang efektif, tidak manual lagi tapi menggunakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa-siswa, karena kemampuan siswa itu tidak sama,” ujar Joko, Minggu (9/6/24).

Menurut Joko, metode pembelajaran harus disesuaikan dengan kemampuan siswa yang bervariasi, baik secara verbal maupun visual. Bahasa Inggris memerlukan pemahaman dua aspek tersebut. Selain itu, metode pembelajaran juga harus kreatif dan inovatif agar siswa tertarik dan dapat dengan mudah menyerap materi yang disampaikan.

BACA JUGA :  Mengenal TK Teratai Desa Ponoragan, Sekolah Sehat yang Penuh Prestasi

Joko menambahkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris memerlukan latihan yang konsisten. Jika latihan dilakukan secara rutin, hasilnya akan maksimal. Sebaliknya, jika jarang dilakukan, pembelajaran bahasa Inggris tidak akan efektif.

“Harapannya, metode pembelajaran setelah kegiatan ini tidak sama dengan sebelumnya. Guru harus lebih kreatif dan inovatif sehingga proses pembelajaran diminati oleh siswa dan mereka dengan mudah menyerap apa yang disampaikan oleh gurunya,” tutupnya.

MGMP ini diharapkan dapat menghasilkan guru bahasa Inggris SMP yang profesional dan mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. (ADV/DisdikbudKukar)

Related Articles

Back to top button