oleh

Selama Bulan Ramadhan Berlangsung, Kemenkes pastikan proses Vaksinasi Covid-19 tetap Berjalan.

KABARBORNEO.ID – Pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan akan segera dimulai, Hanya tinggal hitungan hari lagi. Sementara pandemi Covid-19 masih melanda segala upaya pun tetap dilakukan terutama program vaksinasi Covid-19 yang terus digencarkan.

dr. Siti Nadia Tarmizi selaku Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Menyampaikan bahwa proses vaksinasi pada saat bulan puasa akan tetap dilanjutkan.

Sebab, sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa mengenai vaksinasi pada saat puasa.

“Terkait dengan semakin dekatnya bulan Ramadhan yang jatuh pada pertengahan bulan April ini, maka Kementerian Kesehatan bersama Kementerian terkait telah berdiskusi dan kita tahu bahwa MUI telah mengeluarkan fatwa yang mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa,” jelas dr. Nadia dalam siaran pers ‘Temu Media Update Penanggulangan COVID-19’ Minggu (4/4/2021).

BACA JUGA :  Indonesia Jangkar Asia Pasifik di Masa Depan

Selain itu, dr. Nadia menjelaskan, berdasarkan keputusan tersebut MUI merekomendasikan, pemerintah akan tetap melakukan vaksinasi di bulan Ramadhan demi mencegah penyebaran COVID-19

Vaksinasi yang akan dilakukan di bulan Ramadhan ini nantinya akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi umat islam yang sedang menjalankan ibadah puasa.

MUI menyarankan, jika merasa khawatir dengan efek samping jika vaksinasi pada bulan puasa, penyuntikkan vaksin COVID-19 dianjurkan pada malam hari.

“Pemerintah dapat melakukan vaksinasi COVID-19 pada malam hari bulan Ramadhan terhadap umat Islam,” ujar Asrorun Niam Sholeh dalam keterangan resmi yang dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (17/2/2021). (ASA)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul Selama Bulan Ramadhan Berlangsung, Kemenkes pastikan proses Vaksinasi Covid-19 tetap Berjalan”.

 

Berita Terkait