Advertorial

Tidak Hanya Teori, Para Siswa SDN 005 Juga Belajar Praktek Menggunakan Bahan Dasar Daur Ulang

KABARBORNEO.ID – Guru SDN 005 Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Leni Ermawati, mengatakan para siswa SDN 005 Tenggarong tidak hanya belajar teori di kelas. Para siswa juga belajar praktek dengan membuat karya-karya dari bahan yang tidak digunakan lagi, seperti plastisin, kardus, botol, dan lain-lain.

Leni mengatakan, bahwa sekolahnya menerapkan kurikulum merdeka yang mengutamakan praktek daripada teori. Ia mengatakan bahwa tidak ada guru khusus untuk mengajarkan siswa membuat karya-karya tersebut.

“Kami hanya guru kelas sendiri yang membimbing siswa. Kami juga memiliki buku karya tiga dimensi yang menjadi acuan siswa dalam berkarya. Kami memberikan bahan plastisin yang mudah didapat kepada siswa, dan biarkan mereka membuat apa saja sesuai minat, bakat, dan kemampuan mereka,” ujar Leni, Jumat (24/11/2023).

Hasilnya, siswa dapat membuat berbagai karya yang menarik dan kreatif, seperti hewan, tumbuhan, kendaraan, rumah, dan lain-lain. Leni mengaku kagum dengan karya-karya siswa yang murni dari ide dan kreasi mereka sendiri.

BACA JUGA :  DPRD Kaltim Minta Selesaikan Pembagian Wilayah Kawasan Peternakan di Kaltim

“Kami juga memiliki Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sendiri yang menjadi pedoman dalam mengajar. Kami juga mengikuti arahan dari dinas pendidikan dan kebudayaan setempat,” kata Leni.

Leni menuturkan bahwa kegiatan membuat karya dari bahan bekas ini memiliki banyak manfaat bagi siswa, seperti mengembangkan kreativitas, imajinasi, keterampilan, dan kepercayaan diri. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengajarkan siswa untuk menghargai lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, siswa dapat menjadi lebih mandiri, berani, dan berinovasi. Kami juga berterima kasih kepada orang tua yang sudah mendukung dan membantu anak-anak dalam berkarya,” pungkasnya. (ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button