Advertorial

Terima Siswa ABK, SDN 007 Tenggarong Jadi Salah Satu Sekolah Ramah Anak

KABARBORNEO.ID – Kepala SDN 007 Tenggarong, Suparti, mengungkapkan Meski belum memiliki sertifikat, SDN 007 Tenggarong adalah salah satu sekolah yang menerapkan sistem Sekolah Ramah Anak. SDN 007 tidak menolak Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), termasuk anak hyperaktif yang sering membuat ulah di kelas.

Suparti, mengungkapkan bahwa anak hyperaktif di sekolahnya memiliki kelebihan yaitu daya ingat yang luar biasa. Namun, anak ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak bisa diam dan suka mengganggu teman-temannya.

Oleh karena itu, Suparti meminta guru-guru di sekolahnya untuk memberikan peran khusus kepada anak hyperaktif, yaitu sebagai asisten di kelas. Dengan cara ini, anak hyperaktif bisa mengontrol dirinya dan membantu teman-temannya yang kesulitan belajar.

BACA JUGA :  Ketua KPID Kaltim Tanggapi Krtitikan Deddy Corbuzier Soal Fajar Sadboy

“Kan jadinya energinya tersalur ke temennya gitu dengan kreativitasnya mengajari temannya yang belum bisa,” kata Suparti, Jumat (24/11/2023).

Menurut Suparti, hal ini menjadi tantangan bagi guru-guru untuk bisa berkreasi mengajari anak-anak dengan perlakuan yang sama.

“Kami enggak punya guru-guru khusus inklusif tapi sekolah tidak boleh menolak, inilah profesional guru,” ucapnya. (ADV/DISDIKBUDKUKAR)a

Related Articles

Back to top button