Advertorial

Disdikbud Kukar Perkenalkan Kebudayaan Kutai Melalui Bensamar Cultural Festival Tahun 2024,

KABARBORNEO.ID – Festival Budaya Bensamar (Bensamar Cultural Festival) Tahun 2024 resmi dimulai. Festival ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) di Kampung Tuha Kutai Bensamar, Kelurahan Loa Ipuh Darat, pada Kamis (30/5/24). Festival ini berlangsung selama tiga hari, dari 30 Mei hingga 1 Juni 2024.

Pembukaan festival dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kukar, Ahyani Fadianur Diani, dan Kabid Kebudayaan Disdikbud Kukar, Puji Utomo. Acara diawali dengan tradisi penyambutan tamu, ritual Tepong Tawar, Pelas Kampong, serta Penyalaan Obor Brong sebanyak empat buah.

Festival ini bertujuan untuk melestarikan adat istiadat dan budaya lokal, khususnya Suku Kutai di Kampung Bensamar. Selain itu, festival ini juga menjadi bagian dari upaya pengembangan kebudayaan untuk menyambut Ibu Kota Negara (IKN) agar tidak tergeser oleh kebudayaan luar.

BACA JUGA :  Disdikbud Kukar Gelar Acara Bimtek Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan SMP

“Langkah yang akan kami lakukan ke depan adalah mengenalkan kebudayaan karena kekayaan budaya yang mereka miliki harus dilestarikan, terutama adat istiadat,” ujar Puji Utomo, Kamis (30/5/2024).

Puji Utomo juga mengapresiasi antusiasme masyarakat Desa Bensamar dalam menggelar Festival Kampung Tuha. Ia berharap festival ini dapat terus berkembang dan menjadi agenda tahunan yang dinanti-nantikan.

“Kami juga mendukung kegiatan festival yang diselenggarakan di Bensamar ini. Harapannya ada peningkatan dari kegiatan tersebut. Ini baru dimulai dan nantinya bisa dievaluasi seni apa saja yang harus ditampilkan, termasuk makanan khas,” ungkapnya.

Festival Budaya Bensamar 2024 dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya, seperti tari tradisional, musik, dan permainan rakyat. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Suku Kutai. (ADV/DisdikbudKukar)

Related Articles

Back to top button