Advertorial

Sri Puji Astuti Tekankan Pemuda Tingkatkan Kualitas SDM dengan Program Pelatihan dan Sertifikasi

KABARBORNEO.ID – Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti menekankan pentingnya peningkatan kualitas tenaga kerja melalui program pelatihan dan sertifikasi yang efektif.

Terlebih karena Kalimantan Timur telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara, yang mengharuskan perekrutan profesional SDM yang bersertifikat untuk bersaing dengan pendatang baru.

“Untuk itu, kita harus memiliki lembaga sertifikasi dan sering melakukan pelatihan,” ujar Puji belum lama ini.

Menurut Puji, kurangnya pelatihan SDM di Samarinda sehingga ia menyarankan perlunya kolaborasi dengan pihak dan lembaga eksternal untuk meningkatkan keterampilan dan mempercepat transfer SDM ke dunia usaha.

BACA JUGA :  Dewan Kaltim Dorong Penyusunan MoU dengan Lemhanas Segera Diselesaikan

“Selama ini, pelatihan-pelatihan yang ada terutama didanai APBD memang minim. Kita perlu lebih banyak berinovasi untuk mengurangi pengangguran terbuka,” jelas Puji.

Belum lagi syarat masuk disebuah perusahaan tidak hanya dilihat dari riwayat pendidikan saja, bagi pelamar yang memiliki sertifikat keahlian lebih sering dilirik oleh HRD di perusahaan.

“Terutama bagi lulusan baru SMK, SMA yang tidak melanjutkan kuliah atau lulusan perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan,” tutupnya. (ADV)

Related Articles

Back to top button