Advertorial

Sambut Pembangunan IKN, Ananda Moeis Sebut Fasilitas, Tenaga Pengajar dan Tenaga Pendidik Kaltim Harus Dikembangkan

KABARBORNEO.ID – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) siap mengoptimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Otorita IKN juga berencana mengoptimasikan tenaga kerja dan sumber daya lokal.

Merespon hal tersebut, Ananda Emira Moeis Anggota Komisi IV DPRD Kaltim menyampaikan pesan SDM yang ada di Kaltim tentu harus dipersiapkan matang dan optimal. Agar tak tertinggal dengan daerah lain.

Ia juga meminta agar infrasturuktur pendidikan yang ada di Kaltim dapat ditingkatkan dan tentu dengan berbagai sistem pendukung lainnya, sebab menurutnya infrastruktur pendidikan yang ada di Kaltim masih terbilang kurang memadai.

“Pemuda asli Kaltim itu sebenarnya sangat pintar, apalagi jika dibarengi dengan fasilitas yang memadai. Buktinya banyak pemuda yang asalnya bersekolah di Kaltim, kemudian mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi di luar Kaltim. Makanya perlu adanya pengembangan infrastruktur pendidikan mulai dari fasilitas, tenaga pengajar dan tenaga pendidiknya harus diberdayakan mulai dari Kota sampai ke pelosok Kaltim,” ujarnya, Jumat (3/3/2023).

BACA JUGA :  Novan Syahronny Pasie Harap Pemkot Samarinda Segera Atasi Masalah Sampah

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim ini juga meminta agar generasi penerus yang ada di Kaltim siap menghadapi dan bersaing atas berbagai tantangan seiring perpindahan IKN ke Benua Etam.

“Bukannya bermaksud membandingkan atau tidak mau kalah, tapi maksud saya kita harus benar-benar siap. Sebab, ke depannya sentral Indonesia akan berada disini. Kita akan menjadi penyangga utama IKN Nusantara, semua harus dipersiapkan,” tambah Nanda sapannya itu.

Terakhir, Nanda juga meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta pihak swasta harus dapat menunjukkan dukungan serta partisipasinya terhadap pendidikan yang ada di Kaltim.

“Harus saling bersinergi dalam mendukung serta memperbaiki berbagai infrastruktur pendidikan yang ada di Kaltim,” pungkasnya. (ATW/ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button