Advertorial

Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Timur Siap Ikuti Jambore Dunia Ke-25 di Korea Selatan

KABARBORNEO.ID – Kwuartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Timur bersiap-siap mengikuti acara bergengsi Jambore Dunia ke-25 pada 2023 mendatang. Acara yang akan diadakan di Korea Selatan ini akan berlangsung selama 12 hari, mulai dari tanggal 1 hingga 12 Agustus 2023.

Dalam acara ini, sebanyak 1.520 peserta dari Indonesia akan turut serta, dan Kwarda Kaltim berkesempatan untuk ikut serta dalam Jambore Pramuka Dunia Korsel yang berpusat di Sae Man Geum.

Sekretaris Kwarda Kaltim, Fachruddin Djaprie, mengungkapkan acara ini sangat penting bagi para Pramuka Indonesia, khususnya di Kaltim, karena mereka dapat memperoleh pengalaman dan hal-hal positif yang dapat diterapkan dalam kemajuan pramuka di Indonesia.

“Even Jambore Pramuka se-Dunia ini sangat bermanfaat sekali bagi para Pramuka Indonesia khususnya di Kwarda Kaltim. Ada hal-hal yang baik di acara tersebut untuk kita contoh dari pramuka antar negara guna kemajuan pramuka kita”, kata Fachruddin.

BACA JUGA :  Demi Kepentingan Masyarakat, Puji Setyowati Ajak Wartawan Awasi Penggunaan APBD-P

Fachruddin menambahkan, peserta Pramuka Kaltim harus melewati tahap seleksi yang cukup ketat sebelum bisa bergabung dengan kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Korea Selatan.

Seleksi tersebut meliputi kemampuan berbahasa Inggris, kesehatan, keterampilan Pramuka, usia di atas 14 tahun dan tidak lebih dari 17 tahun, serta persetujuan dari orang tua. Seleksi ini akan dilaksanakan di tingkat daerah, dan nama-nama peserta yang lolos akan dikirimkan ke Kwartir Nasional.

“Seleksi ini akan diadakan di Tingkat Daerah saja, dan nama yang lolos akan di kirim ke Kwartir Nasional dan disana tidak ada seleksi lagi,” pungkasnya.

Acara Jambore Pramuka Dunia diselenggarakan setiap lima tahun sekali di berbagai negara. Acara ini menyediakan berbagai kegiatan yang akan membentuk jiwa pramuka kepada peserta yang mengikutinya. (ADV/DISKOMINFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button