Advertorial

Raih Penghargaan Nasional, wujud korelasi visi SMP 2 Tenggarong

KABARBORNEO.ID – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tenggarong berhasil membawa pulang Penghargaan Adiwiyata tingkat nasional tahun 2023.

Penghargaan Adiwiyata nasional diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Senayan – Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang memiliki kinerja baik dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Nor’afni Herniawati, selaku Wakil Kepala Sekolah atau Waka Bidang Kurikulum SMP Negeri 2 Tenggarong, mengatakan bahwa sekolahnya memiliki visi untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan.

“Kami mengkorelasikan visi kami dengan program Adiwiyata, sehingga anak-anak merasa nyaman dan betah belajar di sekolah yang asri dan enak,” ujar Nor’afni, saat diwawancara media, Sabtu (21/10/2023).

Ia menambahkan bahwa penghargaan Adiwiyata ini berhasil diraih melalui proses yang cukup Panjang.

BACA JUGA :  Rencana Alih Fungsi Hotel Atlet, Nidya Listiyono Ingin Tetap Menjadi Hotel

“Sebelumnya kami lewat tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi. Kami sebenarnya sudah raih adiwiyata tingkat provinsi tahun 2019 dan seharusnya di tahun 2020 kita mengikuti tingkat nasional, tapi karena terkendala Covid-19, kami baru maju nasional tahun ini,” terangnya.

Penghargaan Adiwiyata merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada sekolah yang berperan aktif dalam upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup.

Dari total 57 Sekolah Adiwiyata yang ditetapkan, 37 di antaranya adalah Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dan 20 Sekolah Adiwiyata Tingkat Mandiri.

Selain SMP Negeri 2 Tenggarong, ada 56 sekolah lain dari kabupaten/kota di wilayah Kalimantan Timur yang juga mendapatkan penghargaan serupa.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat sekolah dalam pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan. (Advertorial)

Related Articles

Back to top button