Advertorial

Pesan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Untuk Calon Haji: Luruskan Niat

KABARBORNEO.ID – Sebanyak 289 calon haji asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 3, dilepas untuk berangkat ke tanah suci oleh Wakil Gubernur (Wagub) Hadi Mulyadi, di Aula Jabal Nur Embarkasi Haji Balikpapan.

Hadi Mulyadi dalam kesempatan kali ini, menyampaikan terimakasih kepada Kementrian Agama (Kemenag), dan instansi terkait lainnya, yang telah memberikan pelayanan terbaik untuk calon haji selama di Embarkasi Batakan.

Menurutnya, seseorang yang bisa menunaikan haji bukan hanya sekadar ibadah serta melaksanakan rukun Islam saja. Tetapi, telah diundang atau dipanggil menjadi tamu Allah SWT.

“Karena itu bukan untuk berbangga atau riya. Tetapi patut bersyukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala, dan melaksanakan haji benar-benar untuk ibadah, bukan niat lainnya. Apalagi sekadar membeli oleh-oleh,” harapnya.

Selain menguatkan niat dan melaksanakan ibadah sungguh-sungguh. Orang nomor dua di Kaltim ini juga mengingatkan para jamaah untuk mengatur waktu ibadah dengan baik, dan selalu jaga kesehatan.

“Jangan minum es, tapi air putih biasa. Hindari dulu makan lombok (sambal) selama haji, takut mules, repot jadinya,” pesan Wagub Hadi.

Kemudian, mengingatkan para jamaah agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan perbanyak ibadah. Sebab, hanya orang terpilih sajalah yang menjadi tamu Allah.

BACA JUGA :  Menyusun Rencana Kerja Tahun 2023, DPRD Kaltim Gelar Rapat Paripurna

“Manfaatkan kesempatan ini di Tanah Suci dengan beramal serta beribadah dengan penuh khusyuk. Pohon beringin lebat daunnya, buah mangga manis rasanya, kalau ingin mabrur hajinya, jangan lupa beramal dan berdoa,” imbuhnya.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kaltim H Abdul Khaliq yang juga Ketua PPIH Embarkasi Balikpapan 1444 H/2023 M menyebutkan, jamaah haji dari Kaltim yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah pada tahun ini berjumlah 2.586 orang terbagi 11 kloter, yakni 7 kloter khusus dan 4 gabungan.

Khusus Calon haji Kloter 3 Kukar berjumlah 289 orang, dan lansia 56 orang, lansia disabilitas 11 orang, dan disabilitas 4 orang, ditambah 5 petugas Kloter TPHI 1 orang, TPIHI 1 orang dan TKHI 3 orang.

“Sebelumnya, telah diberangkatkan Kloter 1 asal Balikpapan dan Kloter 2 asal Samarinda masing-masing 299 jemaah dan petugas,” ungkapnya.

Hadir jajaran Forkopimda Kaltim, Ketua MUI Kaltim KH Muhammad Rasyid, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sofyan, petugas PPIH Embarkasi Balikpapan dan petugas kloter calhaj, pejabat keimigrasian dan pejabat Kementerian Agama RI. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button