Advertorial

Gandeng BPS, Diskominfo Kaltim Gelar EPSS Demi Tingkatan Kemajuan Penyelenggaraan Statistik Sektoral

KABARBORNEO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim bersama Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Kegiatan yang terpusat di Ruang Wiek, Kantor Diskominfo Kaltim, Samarinda, Senin, 12 Juni 2023 itu bertujuan meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Pelayanan Publik pada Instansi Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Mewakili Kepala Diskominfo Kaltim, Kepala Bidang Statistik, M Adrie Dirga Sagita menerangkan, EPSS bertujuan mengukur capaian serta meningkatkan kualitas kemajuan penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintahan Daerah.

“Hari ini kita bersama BPS melaksanakan kegiatan EPSS. Dari BPS kita terima beberapa masukan dan saran, begitu pula sebaliknya sebagai wali data kami juga sampaikan beberapa masukan dan saran, tujuannya sama yaitu untuk peningkatan penyelenggaraan statistik sektoral,” ucap Dirga, seperti dikutip dari laman diskominfo.kaltimprov.go.id.

Dirga melanjutkan, tahapan EPSS terdiri dari Penilaian Mandiri, Penilaian Dokumen, Penilaian Interview dan Penilaian Investasi.

BACA JUGA :  Totalitas Persiapkan Kelancaran Raimuna 2023, Wakil Walikota Samarinda Tinjau Langsung Kondisi Lapangan

Pada tahapan Penilaian Interview atau Penilaian Wawancara ini dilaksanakan oleh TPI yang dibentuk oleh pemerintah daerah dengan anggota adalah Wali Data dan Produsen Data.

Kemudian setelah tahapan penilaian mandiri, yang dilakukan oleh tim penilai internal dilanjutkan oleh tim penilaian badan yaitu dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur.

“Jadi tahapan hari ini adalah konfirmasi terhadap bukti dukung yang disampaikan oleh tim penilai internal. Saat rapat sudah kita sepakati, perbaikan-perbaikan bukti dukung yang dimintakan kepada tim penilai internal,” jelasnya.

Untuk diketahui, mewakili instansi perangkat daerah (PD) dalam penilaian EPSS ini untuk batas waktu penguploadan data dukung sampai akhir juni adalah Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim dan Dinas Peternakan Provinsi Kaltim. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button