Advertorial

Para Siswa SDN 005 Tenggarong Ubah Sampah Jadi Berbagai Karya Seni Yang Menarik

KABARBORNEO.ID – Dengan bimbingan guru SDN 005 Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Leni Ermawati, para siswa SDN 005 Tenggarong, punya cara unik untuk belajar kreatif. Mereka mengubah sampah bekas makanan, minuman, dan kawat menjadi karya seni yang menarik. Karya seni mereka berupa tempat tisu, hiasan dinding, kereta api, dan lain-lain. Ia mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendaur ulang sampah, menghargai bumi, dan tidak mencemari lingkungan.

“Supaya mereka menghargai bumi, tidak membuang sampah sembarangan, bisa memanfaatkan barang bekas, kreatif, jadi mereka sadar bekas makanan ini bisa dibikin macam-macam,” kata Leni, Jumat (24/11/2023).

Leni mengajak siswa untuk membawa barang bekas dari rumah atau dari sekolah. Ia juga mengajarkan siswa mengenai bangun datar, yang bisa disusun menjadi karya seni. Siswa kelas 1 dan 2 diajarkan mengenai bangun datar, sementara siswa kelas 3, 4, 5, dan 6 sudah bisa lebih rapi dan teliti dalam membuat karya.

BACA JUGA :  Dua Anggota Baru Dilantik, Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji Berikan Pesan

“Untuk kelas 1 dan 2 itu kita harus betul-betul mendampingi, tapi kalau sudah kelas 3, 4, 5, dan 6 mereka sudah bisa rapi,” katanya.

Leni mengapresiasi usaha dan hasil kerja siswanya, meskipun mungkin tidak sempurna. Ia menilai karya mereka dari kekreatifan, bukan dari keindahan.

“Memang mungkin di mata orang dewasa ini jelek, ya, tapi di mata kami itu bagus sekali, karena mereka membuat dan berusaha sendiri, dan itu menjadi nilai tersendiri,” tuturnya. (ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button