Advertorial

Muhammad Samsun Dorong Kesejahteraan Petani di Kukar

KABARBORNEO.ID – Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mhadiri acara penyuluhan pertanian swadaya (PPS) Kecamatan Loa Janan, di balai pertemuan RT 14 Purwajaya, Loa Janan, Selasa (31/1/2023).

Muhammad Samsun mengatakan, setelah Bertemk dengan para petani dirinya banyak menerima keluhan. Diantaranya, soal ketersediaan pupuk, langka, jikapun ada, harganya melambung tinggi.

Sebab itu, Muhammad Samsun meminta agar pemerintah daerah maupun kabupaten serius memperhatikan masalah yang dialami para petani.

“Petani itu harus diperhatikan kesejahteraannya, pertanian itu Soko Guru/tulang punggung ekonomi kita, jika bicara petani ada rasa greget, biarlah anggota dewan atau pemangku kebijakan lain fokus soal high technology, saya akan tetap fokus di pertanian dan perkebunan,” ujar Samsun sapaannya.

Di daerah pemilihannya Kutai Kartanegara (Kukar), Samsun menyebut sektor pertanian bisa terbilang sukses. Hak ini dibuktikan dengan 10 persen APBD Kukar ditopang oleh hasil pertanian.

BACA JUGA :  Mudahkan Akses layanan Pendidikan, Disdikbud Kukar Gelar Bimtek PPDB Online

“Pemkab Kukar kita apresiasi, karena 10 persen APBD Kukar untuk petani. Tinggal bagaimana mendampingi petani ini, agar stigma petani lusuh, petani tidak sejahtera itu hilang, bergeser paradigmanya menjadi petani keren atau bangga menjadi petani,” ucapnya.

Politisi PDI Perjuangan itu meminta agar PPS di Kukar bisa lebih aktif mengambil peran mendampingi para petani agar kebutuhan akan produksi pertanian seperti suplai pupuk dapat terpenuhi.

“Semua kelompok tani binaan saya yang tersebar di seluruh Kukar akan difasilitasi untuk diberikan pelatihan oleh PPS,” pungkasnya. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button