Advertorial

DPRD Kaltim Soroti Pentingnya Pengetahuan Tentang Pemanduan Wisata Bagi Masyarakat Berau

KABARBORNEO.ID – Menurut Muhammad Udin, untuk perkembangan wisata di wilayah Beraymu, terpenting ialah pengetahuan terkait bahasa asing, budaya lokal, keamanan dan lingkungan.

“Hal ini akan meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan wisatawan. Masyarakat setempat bisa menjadi pemandu wisata yang profesional dan ramah, yang bisa memberikan informasi dan pengalaman yang menarik kepada wisatawan,” kata M udin, Selasa (14/11/2023).

Dirinya juga meminta seluruh institusi terkait untuk dapat meningkatkan kerjasama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan pariwisata di Berau.

“Tentunya ini akan meningkatkan sinergi dan efektivitas dalam mempromosikan, melindungi, dan melestarikan potensi pariwisata Berau,” ucapnya.

Ia juga mendorong pemerintah juga dapat memberikan fasilitas, regulasi, dan insentif yang mendukung industri pariwisata, agar swasta bisa berinvestasi dan berinovasi dalam menciptakan produk dan layanan pariwisata yang berkualitas.

BACA JUGA :  Salurkan Bantuan, Wagub Hadi Ajak Masyarakat Tingkatkan Iman dan Taqwa di Bulan Ramadan

“Masyarakat bisa berpartisipasi dan berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan budaya Berau,” paparnya.

Melihat potensi Berau masih menjadi magnet para wisatawan berkunjung ke Kaltim, lantaran keindahan alam yang memukau. Meski begitu, DPRD Kaltim kerap menerima keluhan dari masyarakat area pesisir Berau soal sulitnya akses infrastruktur dan minimnya pelatihan pemandu wisata.

”Harapannya pemerintah daerah dapat memperhatikan kualitas dan kuantitas akomodasi di Berau seperti hotel, resort, cottage, dan homestay,” tutup Udin. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button