Advertorial

Kopi Luwak Kukar Mampu Berada di Deretan Kopi Terkenal Jadi Sorotan DPRD Kaltim

KABARBORNEO.ID – Wakil Ketua  DPRD Kaltim, Muhammad Samsun apresiasi Kampung Kopi Luwak di Desa Prangat Baru, Marangkayu, Kukar.

“Kita patut berbangga, di Kaltim ada kopi luwak yang namanya sudah tersohor di nusantara. Ini menunjukkan petani kita hebat dan mampu menghasilkan produk berkualitas,” kata Samsun, Rabu (25/10/2023).

Produk Kopi Luwak dari Kukar ini berada pada level ketenaran yang cukup tinggi, bahkan berada di deretan kopi-kopi terkenal lainnya.

Begitu juga dengan desain kebun kopi dibentuk layaknya objek wisata guna menarik minat masyarakat berkunjung.

Bubuk Kopi Luwak itu beredar dengan harga Rp210 ribu per kemasan yang berisi 50 gram, dapat juga dikatakan harga per gram Rp4.200 atau mencapai Rp4,2 juta per kilogramnya.

BACA JUGA :  Hadiri Kegiatan Jalan Sehat, Ananda Emira Moeis Senang Melihat Antusias Warga

Dari 9 hektar lahan baru 2 hektar saja yang sudah ditanami, sisanya masih dalam proses pembibitan. Adapun jenis kopi yang kembangkan adalah liberika.

Samsun menyampaikan, Kopi Luwak yang ditanam di sela-sela pepohonan kebun karet itu merupakan jenis liberika, yang memiliki cita rasa khas dan aromatik.

“Kopi liberika ini jarang ditemukan di daerah lain. Ini produk unggul dan wajib diberikan perhatian serius dalam pengembangannya. Saya akan menyampaikan aspirasi ini ke pemerintah provinsi dan pusat agar mendapat dukungan lebih,” jelas Reza.

Politikus muda itu juga tak lupa berikan apresiasi kinerja Kepala Desa Prangat Baru, yang meski tengah hamil masih mempunyai semangat untuk menunjukkan potensi yang dimiliki di wilayahnya. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button