Advertorial

Komisi I Soroti Penyebab Kebakaran Hutan, Jahidin : Bukan Hanya Manusia Faktor Lain Juga Ada

KABARBORNEO.ID – Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin mengatakan, selain faktor manusia, salah satunya adalah faktor alam, seperti lahan dan batu bara yang bisa menyala sendiri karena panas, terutama saat musim kemarau.

“Tidak semua karhutla di Kaltim karena ulah masyarakat. Kadang juga karena batu bara yang terbakar sendiri. Api itu bisa tumbuh dari panasnya batu bara,” katanya, (16/11/2023).

Jahidin juga mendorong pemerintah agar mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan dampak karhutla, serta cara mencegah dan mengatasi api.

Sebagai anggota legislatif, Jahidin berharap masyarakat bisa lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

“Sosialisasi ke masyarakat itu penting, karena tidak semua masyarakat tahu. Kita perlu memberi tahu dan mengajari mereka,” ucap Jahidin.

BACA JUGA :  Perbaikan Jalan Sangasanga - Dondang Ditargetkan Rampung Februari 2023, DPRD Kaltim dan Pemprov Akan Tempuh Jalur Hukum Bila Perusahaan Ingkar

Melihat hasil prediksi dari BMKG, Kaltim masih akan mengalami musim kemarau hingga akhir Oktober 2023,

Namun, beberapa daerah di Bumi Mulawarman sudah mulai diguyur hujan ringan dan sedang. Meski demikian, potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih mengancam Kaltim.

Selain itu, melihat potensi yang akan terjadi, Jahidin meminta pemerintah menindak tegas pelaku karhutla, baik yang disengaja maupun tidak.

“Undang-Undangnya sudah jelas. Pelaku karhutla bisa dihukum lebih dari 5 tahun. Ini bisa membuat mereka jera,” tutup Jahidin. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button