Advertorial

Olah Sampah Plastik Jadi Kreasi Seni, SD Negeri 018 Tenggarong Raih Juara Nasional

KABARBORNEO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 yang digelar oleh PGRI, SD Negeri 018 Tenggarong mengikuti lomba kreasi dan kesenian. Pada gelaran ini SD Negeri 018 Tenggarong menunjukkan kreativitasnya dalam mengolah sampah plastik menjadi karya seni.

Berbagai macam produk, seperti tas, bunga, jas hujan, dan lain-lain, berhasil dibuat siswa-siswa SD Negeri 018 Tenggarong dengan menggunakan bahan-bahan dari plastik bekas, produk-produk ini dipamerkan di stand kreasi yang didirikan oleh sekolah.

“Karya seni ini hasil kolaborasi antara guru dan siswa, ini masuk P5 Kurikulum Merdeka, karya kelas 5 dan 6 yang ditampilkan, namun kelas 1 dan 6 sudah membuat kreasi,” ujar Roni, salah satu guru SD Negeri 018 Tenggarong, Senin (13/11/2023).

Roni mengaku, sekolahnya tidak memiliki guru kesenian asli, namun para guru dan siswa berinisiatif untuk belajar dari tutorial yang ada di media online, seperti YouTube. Karya seni ini juga menjadi bagian dari pelajaran kesenian sekolah dan menjadi nilai kenaikan para siswa.

BACA JUGA :  Kesbangpol Kaltim Gelar Rapat Pemantauan Perkembangan Politik di Daerah Menjelang Pemilu 2024

Tak hanya itu, karya seni dari sampah plastik ini juga membawa prestasi bagi sekolah. SD Negeri 018 Tenggarong berhasil meraih juara sekolah adiwiyata tingkat nasional, yang merupakan penghargaan bagi sekolah-sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

Roni berharap, dengan adanya karya seni ini, siswa-siswinya bisa lebih sadar akan pentingnya kebersihan, terutama di lingkungan sekolah. Ia juga berharap, karya seni ini bisa menjadi sumber pendapatan bagi siswa dan sekolah.

“Sampah plastik bisa berguna menjadi karya yang indah dan bisa menghasilkan pendapatan siswa dan berguna untuk sekolah,” pungkasnya.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button