Advertorial

Disdikbud Kukar Adakan Workshop Untuk Lestarikan Musik Tingkilan di Kalangan Pelajar

KABARBORNEO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengajak pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah tersebut untuk melestarikan dan melindungi musik Tingkilan dengan cara mengikuti workshop musik Tingkilan yang diselenggarakan oleh Disdikbud Kukar. Musik Tingkilan adalah salah satu seni tradisi Kutai yang memiliki ciri khas tersendiri, namun seni tradisi ini mulai jarang dimainkan oleh generasi muda.

Workshop ini merupakan salah satu upaya Disdikbud Kukar untuk mengembangkan kemampuan bermusik kreasi para pelajar, khususnya di jenjang SMP, yang selama ini belum bisa berprestasi di tingkat provinsi. Workshop ini juga merupakan salah satu cara untuk mengenalkan dan mengajarkan musik Tingkilan kepada generasi muda, agar mereka bisa paham, menguasai, dan mahir dalam memainkan seni tradisi Kutai ini.

BACA JUGA :  Disdikbud Kukar Jadikan SDN 010 Muara Jawa, Sekolah Percontohan di Wilayah Otorita IKN

Workshop ini dilaksanakan pada 20-21 November 2023, di Gedung Serbaguna Disdikbud Kukar. Workshop ini diikuti oleh delapan SMP dari tiga kecamatan, yaitu Tenggarong, Loa Kulu, dan Tenggarong Seberang. Mereka belajar dari tiga narasumber yang merupakan anggota dari kelompok musik Tingkilan terkenal di Kukar, yaitu Topa Tenggarong, Olah Gubang Tenggarong, dan Cahaya Mahakam Tenggarong.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar, Puji Hutomo, SH, yang mewakili Kepala Dinas, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga berharap agar para peserta bisa mengikuti workshop dengan sebaik-baiknya dan memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dari para instruktur yang telah dihadirkan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini,” ucapnya. (ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button