Advertorial

Daya Tampung Rumah Sakit Masih Kurang, Salehuddin : Tambah Jumlah RS di Kaltim

KABARBORNEO.ID – Bumi Mulawarman kekurangan jumlah rumah sakit. Salehuddin, sebagai Anggota Komisi IV mengusulkan Pemprov agar menambah serta meningkatkan jumlah dan kualitas fasilitas kesehatan.

“Kita sudah beberapa kali mengusulkan agar rumah sakit di Kaltim ini ditambah,” ucap Salehuddin, Selasa (31/10/2023).

Saleh mengatakan, agar kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat itu dapat terpenuhi, diperlukannya untuk menambah rumah sakit. Hal ini juga merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Rumah sakit itu penting untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Baik di daerah perkotaan, maupun di pelosok,” katanya.

Dalam proses penambahan fasilitas kesehatan seperti rumas sakit itu, keputusan nya harus berdasarkan kemampuan keuangan daerah serta proses perencanaan yang matang, tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

“Proses perencanaannya juga harus sungguh-sungguh diutamakan. Jangan sampai ada rumah sakit yang dibangun tapi tidak berfungsi dengan baik atau tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tegas Salehuddin.

BACA JUGA :  Puji Menyayangkan Serepan Anggaran Mitra Komisi IV DPRD Samarinda Masih Rendah

Dalam mengupayakan peningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat, Salehuddin berharap terciptanya koordinasi yang baik antara provinsi dan kabupaten/kota di Kaltim.

Selain itu, untuk melengkapi rumah sakit negeri atau daerah, partisipasi rumah sakit swasta juga sangat dibutuhkan.

“Karena tidak semua rumah sakit negeri atau daerah bisa mengcover dan mengatasi proses pelayanan kesehatan. Partisipasi rumah sakit swasta bisa memberikan bantuan yang signifikan. Sehingga, pelayanan kesehatan pada semua masyarakat Kaltim bisa ditingkatkan secara besar-besaran,” paparnya.

Sebagai contoh, Salehuddin katakan, upaya penambahan fasilitas kesehatan juga sedang di lakukan Kutai Kartanegara, yang sedang dalam proses menambah ruang perawatan pada fasilitas yang sudah ada. (ADV/DPRD KALTIM)

Related Articles

Back to top button