Advertorial

Bertandang ke Brazil, Gubernur Kaltim Pelajari Sistem Keuangan Karbon

KABARBORNEO.ID – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor beserta rombongan tiba di Negara Brazil dan  bertemu Kepala Departemen Pengendalian Deforestasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Brazil, Raoni Rajao dan Program Leader World Bank, Andre Rodriguez. Pada Selasa (2/5/2023).

Pertemuan juga dihadiri Direktur Utama Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) Djoko Hendratto, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni, pejabat Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta pejabat BPDLH Kementerian Keuangan.

Dalam diskusi tersebut membahas program-program penurunan emisi karbon yang telah dilakukan oleh Pemerintah Brazil, sebagai negara yang memiliki hutan tropis terluas di dunia, yaitu Hutan Amazon.

BACA JUGA :  Kadiskominfo Optimis Seluruh Masyarakat Benua Etam Sadar Digital

“Kunjungan kerja Gubernur Kaltim, selain mengikuti pertemuan pertukaran pengetahuan Selatan Selatan di Brazil, nantinya juga ingin melihat sistem keuangan karbon yang dikelola oleh pemerintah negara bagian setempat,” jelas Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kaltim Hj Syarifah Alawiyah.

Seperti diketahui, Gubernur Isran Noor dan rombongan berkunjung ke Brasil dalam rangka mengikuti South South Knowledge Exchange in Brazil pada 2-7 Mei 2023. Hal ini sebagai upaya untuk meyakinkan dan mensosialisasikan program Pemprov Kaltim yang mendapatkan insentif atau kompensasi dari World Bank (Bank Dunia) dalam program penurunan emisi karbon melalui program Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF CF). (ADV/DISKOMINFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button