Advertorial

Tugas dan Fungsi DPRD Diharapkan Berjalan Baik Pasca Rakor Sekretariat DPRD Se-Kalimantan Timur

KABARBORNEO.ID – Kepala Bagian Umum dan Keuangan Hardiyanto membuka dan memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Sekretariat DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota se-Kalimantan Timur tentang penyelarasan Perencanaan Kinerja Sekretariat DPRD se-Kaltim yang dilaksanakan di Hotel Bumi Paser pada Selasa (24/10/2023) pagi.

Rakor tersebut diagendakan guna melakukan penyelarasan Target Capaian Kinerja pada masing-masing sub kegiatan dengan tujuan Perencanaan Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja), dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Sekretariat DPRD saling berkaitan dengan menghadirkan narasumber dari Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Mispoyo (Kabid PPM Bappeda), Kepala Bagian Reformasi dan Akuntabilitas Kinerja Nani Nuraini, Tenaga Perencanaan Pembangunan Daerah Nita Yiswa, dan Sekretaris DPRD Kab Paser Muhammad Iskandar.

Turut hadir Sekretaris DPRD Kota Balikpapan Ardiansyah, Sekretaris DPRD Kota Bontang Yessy Waspo Prasetyo, Kepala Bagian Program dan Keuangan Sekretariat DPRD Kab Kukar Awang Agus Darmawan, Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Kab Kubar Sumardi, Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Kab PPU, Perencanaan Ahli Muda Sekretariat DPRD Kab Mahulu, Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Kota Samarinda Harrod P. Sambo

BACA JUGA :  Bendungan Sungai Talake Proyek Strategis Nasional, DPRD Kaltim : Direncanakan Jauh Hari, Belum Terealisasi

Kepala Bagian Fasilitas Penganggaran dan Pengawasan Andrie Asdi mengatakan dalam sambutannya, tujuan dari kegiatan ini ialah untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka memfasilitasi dan memberikan pelayanan kepada Anggota DPRD.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi atau memberikan pemahaman wawasan seluruh Pejabat/Staf di lingkungan Sekretariat DPRD Provinsi dan Kab/Kota Se-Kaltim dalam hal perencanaan kinerja dan anggaran Sekretariat DPRD.

Dalam sambutannya Sekretaris DPRD Kab Paser Muhammad Iskandar lebih lanjut mengatakan, dalam kegiatan rakor tersebut ia sekaligus mendesiminasikan kepada seluruh Sekretariat DPRD Se-Kaltim bagaimana bentuk idealnya fasilitasi tugas dan fungsi DPRD.

“Menurut saya seluruh bentuk fasilitas DPRD harus berorientasi kapada tiga fungsi DPRD. Jadi tidak ada fasilitasi yang tidak berkaitan dengan tiga fungsi DPRD baik itu fungsi pembentukan daerah, fungsi pengawasan maupun fungsi penganggaran,” tuturnya.

Ia juga menaruh harapan besar agar Rapat Koordinasi semakin sering diadakan kedepannya demi terciptanya format terbaik dalam memfasilitasi tugas DPRD. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button