Advertorial

Tingkatkam Kompetensi Dasar Guru Paud, Disdikbud Kukar Gelar Diklat Berjenjang Tingkat Dasar untuk 60 Guru PAUD

KABARBORNEO.ID –  Demi meningkatkan kompetensi dasar para guru PAUD dalam hal pengasuhan dan pendidikan anak usia dini dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi 60 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerah tersebut.

Dilaksanakan selama empat hari, yaitu dari tanggal 1 sampai 4 November 2023, dengan menggunakan metode kombinasi antara daring (online) dan luring (offline). Peserta diklat telah mengikuti pembelajaran secara daring sebelumnya, kemudian melanjutkan dengan kegiatan luring di Hotel Grand Fatma, Tenggarong.

Menurut Nuraini, Ketua Panitia Pelaksana, peserta diklat berasal dari berbagai satuan pendidikan PAUD yang ada di beberapa kecamatan di wilayah Kukar.

“Dari total 258 Jam Pelajaran (JP), sekitar 48 JP disampaikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya. Setelah mengikuti diklat ini, para peserta setara dengan lulusan D2 PAUD,” kata Nuraini, Rabu (1/11/2023).

BACA JUGA :  Kepala Disdikbud Kukar Tekankan Pentingnya Kreativitas Guru dan Kepsek untuk Memajukan Sekolah

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kukar, Drs. Joko Sampurno, M.Si, yang mewakili Kepala Dinas dalam sambutan pembukaan, menyampaikan bahwa diklat ini merupakan langkah awal bagi para guru PAUD, karena tidak semua dari mereka memiliki latar belakang pendidikan Sarjana PAUD.

“Dengan demikian, diklat ini dapat menjadi bekal bagi para guru PAUD untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Tentunya, hal ini akan berdampak positif pada kualitas anak didik mereka juga,” ujarnya.

Joko juga menambahkan bahwa para peserta yang hadir di ruang pertemuan Hotel Grand Fatma adalah orang-orang yang beruntung, karena mereka terpilih dari lebih dari 500 lembaga PAUD yang ada di Kukar.

“Oleh karena itu, saya harap para peserta dapat mengikuti diklat ini dengan serius dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” tutupnya. (ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button