Advertorial

TBS Kelapa Sawit di Kaltim Naik Menyusul Kenaikan Harga CPO

KABARBORNEO.ID – 13 April 2023 – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami kenaikan pada periode 16-31 Maret 2023. Harga TBS untuk pohon sawit yang berumur 10 tahun ke atas naik menjadi Rp 2.469,23 per kilogram (Kg), meningkat sebesar Rp 10,63 atau 0,43 persen dari periode sebelumnya.

Menurut Taufiq Kurrahman, Kabid Usaha Dinas Perkebunan Kaltim, kenaikan harga TBS tersebut didukung oleh kenaikan harga Crude Palm Oil (CPO) sebesar Rp 11.883,41. Taufiq menjelaskan bahwa kenaikan harga TBS kelapa sawit selalu berbanding lurus dengan kenaikan harga CPO.

Taufiq juga mendorong para petani sawit untuk menjalin mitra dengan pabrik pengolah sawit agar harga TBS mereka tidak dipermainkan oleh tengkulak. Harga TBS yang ditetapkan merupakan harga di tingkat pabrik dan kemitraan, dengan harga kemitraan yang ditetapkan pada periode 16-31 Maret 2023.

BACA JUGA :  Banyak Desa Tanpa Aliran Listrik, DPRD Kaltim Beri Solusi Bangun PLTS

“Ketetapan harga TBS ada dua harga pasar dan kemitraan yang ditetapkan hari ini harga kemitraan,” ungkap Taufiq saat ditemui di Hotel Puri Senyiur Samarinda, Jum’at (31/3/2023).

Taufiq merinci harga TBS untuk pohon sawit yang berumur 3-9 tahun, di mana harga TBS untuk pohon sawit yang berumur 3 tahun naik menjadi Rp 2.177,65 per kg, sedangkan harga TBS untuk pohon sawit yang berumur 9 tahun naik menjadi Rp 2.440,29 per kg.

Taufiq berharap agar perusahaan di Kaltim yang tergabung dalam tim perusahaan sawit terus memberikan laporan dan harga TBS meningkat terus, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ADV/DISKOMINFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button