Advertorial

Sri Puji Astuti Tekankan Pentingnya Peran Pemkot Samarinda Fokus Tingkatkan Pelaksanaan Job Fair

KABARBORNEO.ID – Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Sri Puji Astuti, menekankan pentingnya peran Pemerintah Kota dalam meningkatkan fokus pada pelaksanaan job fair dengan dukungan dana dari APBD atau kerjasama dengan perusahaan.

Menurutnya, job fair terbukti efektif dalam menyerap tenaga kerja, meskipun masih terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi.

“Beberapa job fair telah berhasil menyerap tenaga kerja kita, namun ada sebagian masyarakat yang belum tahu atau tidak mendapatkan informasi tentang pelatihan yang tersedia,” kata Puji, Senin (24/6/2024).

Ia juga menyoroti pentingnya penyebaran informasi yang lebih merata agar seluruh masyarakat mengetahui dan dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Puji menjelaskan bahwa job fair bukan hanya sebagai ajang perusahaan memperkenalkan diri dan bidang kerja mereka, tetapi juga sebagai kesempatan bagi perusahaan untuk mengungkapkan kebutuhan tenaga kerja mereka.

BACA JUGA :  Jual Miras Ilegal, Sejumlah Kafe di Sambutan Diduga Dapat Bekingan Aparatur Pemerintah

“Namun kendalanya itu biasanya seperti kurangnya pengalaman kerja, kompetensi, sertifikasi, dan minat pekerja itu sendiri,” tambahnya.

Ia mengakui bahwa masyarakat masih banyak yang kurang berminat untuk bekerja di bidang tertentu karena merasa tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

“Banyak yang seperti Aku loh lulusan sarjana tapi di tempatkan di kelasnya SMK. Jadi bukan salahnya perusahaan, dan ini jadi tanggung jawab kita bersama,” bebernya.

Puji mengharapkan Pemerintah Kota Samarinda untuk lebih aktif merangkul lulusan SMA dan perguruan tinggi dengan memberikan pelatihan dan sertifikasi yang meningkatkan kompetensi mereka.

“Pemerintah harus mengupayakan pelatihan dan sertifikasi yang dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja kita,” pungkasnya. (Adv)

Related Articles

Back to top button