Advertorial

Seno Aji Minta Pemerintah Maksimal Dalam Penyusunan Perencanaan Program

KABARBORNEO.ID – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji meminta pemerintah maksimalkan penyusunan perencanaan program agar semua proyek yang akan dijalankan ditahun depan lebih matang sebelum pengerjaan. Kamis, (26/10/2023)

Ia pun mendorong Pemprov Kaltim untuk melakukan evuasi terkait proses lelang dan pengadaan di lingkungan Pemprov Kaltim.

Seno juga mengatakan, proses lelang serta pengadaan harus dilakukan lebih awal, ini bertujuan agar pihak-pihak terkait memiliki cukup waktu untuk menjalankan proyek yang ada.

“Kalau bisa awal tahun sudah bisa melakukan lelang dan pengadaan. Supaya waktu pengerjaan tidak mepet,” kata Seno.

Ia menjelaskan, jika proses lelang berjalan lambat maka akan dipastikan pemenang lelang akan kesulitan dalam menyelesaikan proyek terkait. Dikarenakan pengerjaan proyek-proyek berskala besar bakal membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

BACA JUGA :  Sambut Bulan Ramadan, Ananda Emira Moeis Imbau Masyarakat Tetap Waspada Kebakaran

Jika demikian, alhasil pembangunan yang direncanakan dapat selesai tepat serta cepat tidak dapat diterapkan dengan baik. Realisasi serapan anggaran pun jadi minim.

“Ini kan salah satu penyebab Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa). Kalau begini terus, pembangunan tidak akan pernah maksimal, alasannya waktu tidak cukup,” ucap Seno.

Dikarenakan hal serupa sering kali terulang tiap tahunnya, oleh karenanya ia meminta semua pihak mampu mengantisipasi persoalan tersebut agar tidak berulang kali terjadi.

Meskipun demikian, Seno menyebutkan pihaknya sudah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi Silpa. Ini merupakan bentuk optimismenya terhadap pembangunan di Kaltim yang akan berjalan lebih baik di tahun depan. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button