Advertorial

SDN 012 Tenggarong Targetkan Adiwiyata Nasional 2024

KABARBORNEO.ID – SDN 012 Tenggarong berambisi untuk meraih Adiwiyata Nasional pada tahun 2024 sebagai salah satu sekolah Adiwiyata di Provinsi Kaltim. Kepala SDN 012 Tenggarong Sudirman mengatakan, untuk mencapai target ini, sekolah ini mengambil langkah-langkah konkret, salah satunya adalah menghapus plastik di kantin.

Sudirman mengatakan bahwa mulai Januari 2024, kantin sekolah tidak akan menjual makanan dan minuman kemasan yang menggunakan plastik. Para siswa juga diminta untuk membawa tumbler sendiri dari rumah.

“Saya tidak mau ada plastik mulai Januari. (Ini bertujuan) untuk maju tingkat nasional,” kata Sudirman, Jumat (24/11/2023).

Sudirman menjelaskan bahwa penghapusan plastik ini merupakan bagian dari program Adiwiyata, yang bertujuan untuk membangun pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Selain itu, sekolah ini juga sudah menerapkan kebiasaan cuci tangan dan pengelolaan sampah yang baik.

BACA JUGA :  KPID Kaltim dan Bawaslu Kaltim Lakukan Kerjasama Pengawasan Kolektif Pada Pemilu 2024

“Sudah terbiasa pokonya cuci tangan. Sudah biasa bersih. Jadi, enggak susah untuk naik Adiwiyata Provinsi,” tuturnya.

Ia berharap bahwa dengan pola hidup bersih dan sehat ini, kesehatan dan kualitas pendidikan siswa akan meningkat.

“Kalau menurut saya sih kesehatan anak-anak itu penting. Artinya, pangan yang aman itu pelopor utama. Di awal masa produktif sudah terganggu, berarti sama saja tidak membangun, memajukan, mencerdaskan bangsa,” imbuhnya.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button