Advertorial

Reza : Dalam Sejarah Perjuangan Kemerdekaan, Para Santri Miliki Peran Menonjol

KABARBORNEO.ID – Pandangan Akhmed Reza Pahlevi selaku Anggota DPRD Kaltim Terkait kontribusi penting santri dalam sejarah perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia.

“Dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari cengkraman penjajah, peran santri sangatlah menonjol,” kata Reza. (24/10/2023)

Melalui pesantren jug muncul tokoh-tokoh ulama dan pejuang besar seperti Imam Bonjol, Diponegoro, Teuku Umar, Sultan Hasanuddin, dan banyak lainnya.

“Organisasi Islam modern juga sangat berkontribusi dalam proses perumusan dasar negara, tokoh-tokoh santri seperti KH Wahid Hasyim, KH Agussalim, KH Abikoesno, dan Kasman Singodimejo memainkan peran yang sangat signifikan,” tegasnya.

Selain itu ia juga mencatat sejarah resolusi jihad KH. Hasyim Asy’ari dan Mosi Integral Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang digagas oleh Dr. Mohammad Natsir sebagai langkah-langkah penting dalam perjuangan bangsa ini.

BACA JUGA :  Guru SDN 005 Tenggarong Sukses Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

“Santri-santri harus ikut berpartisipasi dalam perjuangan dengan berbagai cara, seperti menyebarkan dakwah serta semangat perjuangan kemerdekaan kepada masyarakat, menjadi pejuang kemerdekaan, dan memberikan dukungan moral dan spiritual kepada para pejuang,” tutur Reza.

Bahkan saat ini, agar pondok pesantren di Kaltim semakin maju dan kompetitif, DPRD Kaltim sedang mempersiapkan Perda terkait pondok pesantren.

“Sebagai santri, kita hari turut memanfaatkan kemerdekaan dengan peran yang konstruktif,” tutup Reza. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button