Advertorial

Prioritas Ketersediaan Pangan Jadi Harapan DPRD Kaltim Kepada Capres-Cawapres Terpilih

KABARBORNEO.ID – Kedaulatan pangan harus dijadikan prioritas bagi semua calon presiden beserta wakilnya yang akan berdsaing di Pemimpin Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun.

“Kedaulatan pangan adalah kewajiban negara untuk menjamin ketersediaan dan akses pangan bagi rakyat Indonesia. Sehingga momentum Hari Pangan sedunia yang jatuh pada 16 Oktober lalu harus dimanfaatkan untuk meningkatkan ketersediaan pangan di Indonesia, khususnya di Kaltim,”  katanya, Selasa (24/10/2023).

Ia juga sampaikan bahwa negara ini merupakan negara yang tersistem. Menteri boleh saja semasa-masa mundur dari jabatannya, tetapi sistem yang ada tidak diperkenankan terhenti. Adanya pergantian kabinet harusnya tidak menjadikan tugas-tugas kenegaraan terganggu.

“Kita ini masih belum bisa mandiri dalam hal pangan, masih belum bisa dikatakan swasembada pangan. Kita masih harus mendatangkan sumber pangan dari luar. Ini PR ke depan presiden terpilih,” ucap Samsun.

BACA JUGA :  Komisi III DPRD Kaltim Upayakan Perbaikan Jalan Serta Soroti Jalan Longsor

Memiliki visi serta misi yang jelas terkait ketahanan pangan secara nasional, merupakan bentuk harapan Samsun kepada seluruh capres-cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2024.

Samsun juga meminta kepada seluruh masyarakat Kaltim turut serta dalam menjaga serta meningkatkan kesediaan pangan didaerahnya seperti mengupayakan lahan pertanian tetap terisi.

“Kedaulatan pangan adalah hak rakyat dan tanggung jawab negara,” ucapnya.

Agar kesediaan pangan tidak bertumpu pada impor atau luar daerah, ia mengajak untuk berpangku tangan menjaga serta meningkatkan ketersediaannya di Kaltim.

“Mari kita tanam dan panen sendiri hasil bumi kita yang subur dan berlimpah,” ajaknya. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button