Advertorial

Anhar Minta DLH Samarinda Maksimalkan Pengelolaan Sampah Daur Ulang jadi Pupuk

KABARBORNEO.ID – Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Anhar mendorong Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dapat lebih memaksimalkan penanganan sampah. Hal tersebut mengingat jumlah sampah yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Menurut Anhar, dengan luasnya wilayah Kota Samarinda, lucu jika masalah sampah tidak tertangani dengan baik. Seharusnya DLH bisa menempatkan orang-orang yang memiliki visi tentang manajemen pengelolaan sampah tersebut.

“Jadi masalah sampah ini memang perlu penanganan dari hulu sampai ke hilir. Kita harus data terkait jumlah produksi sampah kita ini berapa dan juga penanganan kita berapa.” ujar Anhar.

BACA JUGA :  Adakan Forum Group Discussion, Disdikbud Kukar Bahas Tiga Isu Penting Menuju Pendidikan Idaman

“Kemudian personilnya kita bagaimana, tempatnya kita bagaimana, manajemen pengelolaan sampah kita ini mau kemana gitu loh,” tambahnya.

Jika sampah dikelola baik, maka bisa menjadi hal yang bernilai. Seperti pengelolaan limbah sampah yang bisa menjadi pupuk.

“Yang tadinya sampah ini dianggap hal-hal yang mungkin tidak punya sumbangsih pendapatan tetap, ya bagaimana kita bisa mendapatkan itu,”ujarnya.

Anhar mendorong agar DLH bisa membuat sistem pengelolaan secara profesional. Sehingga tidak hanya mencari tempat pembuangan sampah akhir yang representatif. Tetapi bisa menekan sampah dengan melakukan daur ulang.(Adv)

Related Articles

Back to top button