Advertorial

Pemkab Luncurkan Program Beasiswa Gratis 1.000 Guru dan Sarjana untuk Atasi Kekurangan Guru di Kukar

KABARBORNEO.ID – Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, meluncurkan program 1.000 guru sarjana dan memberikan beasiswa gratis kepada pelajar yang baru lulus SMA dan ingin menjadi guru, serta kepada guru-guru yang belum linear dengan keilmuan mereka. Program ini bertujuan untuk mengatasi masalah kekurangan guru di sekolah-sekolah yang ada di Kukar.

“Nah, itu juga di-support dengan biaya sarjana 1.000 guru sarjana,” kata Kepala Bidang Pendidikan SD Disdikbud Kukar Ahmad Nurkhalish, Jumat (24/11/2023).

Nurkhalish menjelaskan bahwa program ini diharapkan dapat memfasilitasi guru-guru yang mengajar di sekolah agar linear dengan keilmuan mereka. Ia juga mengatakan bahwa program ini merupakan peluang besar bagi para guru dan pelajar untuk melanjutkan studi mereka.

“Tantangannya sekarang siapa yang mau memanfaatkan peluang yang besar ini. Ada juga yang mungkin malas ya kan, tidak mau jadi guru ada juga, sementara kita memerlukan tenaga guru,” ucapnya.

BACA JUGA :  Warga Keluhkan Debu Akibat Aktivitas Tambang, Wakil Ketua DPRD Muhammad Samsun Terima Aspirasi Masyarakat

Selain program 1.000 guru sarjana, Nurkhalish juga menyebutkan bahwa sekolah yang kekurangan guru bisa mengangkat tenaga honorer sementara waktu dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Jadi, itu bagian dari cara sementara menanggulangi itu (kekurangan guru),” ungkapnya.

Nurkhalish mengaku bahwa kekurangan guru terjadi hampir di seluruh wilayah Kukar, baik daerah Pesisir, Hulu, maupun Tengah. Ia menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kekurangan guru adalah banyaknya guru yang pensiun tanpa ada pengganti.

“Pemetaannya sudah ada, karena ada faktor pensiun bisa juga membuat kurang,” akhirnya.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button