Advertorial

Meningkatkan Ketahanan Pangan, Usul Pembangunan Greenhouse di UPT Asrama Haji Balikpapan Sejalan dengan Seruan Presiden RI

KABARBORNEO.ID – Akmal Malik, Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim melakukan peninjauan rencana pembangunan greenhouse di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Balikpapan didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim Syirajudin dan Kepala Biro Sosial Dasmiah. 

Akmal mengatakan rencana pembangunan greenhouse yang berkolaborasi dengan UPT Asrama Haji Balikpapan itu sejalan dengan seruan Presiden RI Joko Widodo terkait bagaimana membangun ketahanan pangan. 

Salah satunya dengan mengoptimalkan lahan-lahan yang masih tersedia, dengan pola pertanian modern seperti greenhouse. 

“Kita akan membangun percontohan di sini dengan membangun greenhouse dari baja ringan,” ujar Akmal di Batakan Balikpapan, Rabu (15/11/2023).

Rencananya, greenhouse dibangun tiga titik masing-masing berukuran 8 x 18 meter. Tumbuhan yang akan ditanam yaitu melon, anggur dan sayuran. 

“Greenhouse ini bisa menjadi show case, lembaga seperti UPT Asrama Haji Balikpapan ini punya cadangan pangan sendiri, bisa panen di sini” imbuh pria yang juga menjabat Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu. 

Jika pola berjalan baik, dapat mengurangi intensitas belanja ke pasar, karena kebutuhan sayur dan buah di asrama dapat terpenuhi. 

BACA JUGA :  Era Digital, Pemerintah Daerah Tingkatkan Pelayanan Informasi

“Ini juga bisa mengurangi inflasi di Kaltim, karena kebutuhan buah dan sayur kita kan masih banyak dipasok dari luar Kaltim,” sambungnya.

Kepala UPT Asrama Haji Balikpapan Muhtar mengapresiasi rencana pembangunan greenhouse sebagai upaya ketahanan pangan sekaligus upaya penghijauan kawasan Asrama Haji Balikpapan.

Selama ini, Pemprov Kaltim juga selalu mendukung program-program Kementerian Agama terkait peningkatan layanan jemaah haji di Kaltim. 

“Tahun ini kita mendapat bantuan untuk menambah lagi layanan manasik dan penunjang lainnya,” kata Muhtar. 

Muhtar menyampaikan Asrama Haji Balikpapan mempunyai luasan yang cukup memadai untuk pengembangan hal lain termasuk program ketahanan pangan. 

“Nah pembangunan greenhouse ini pas sekali dengan potensi yang kami miliki,” imbuhnya.

Hal itu sejalan dengan program penghijauan di kawasan Asrama Haji Balikpapan yang sudah berjalan. 

“Kami ucapkan terima kasih pada Pemprov Kaltim atas kolaborasi ini, yang tujuannya tidak lain untuk kemaslahatan umat dan kenyamanan calon jemaah haji,” tutupnya. (AVA/ADV/DISKOMONFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button