Advertorial

Muhammad Samsun Dorong Aparat Hukum Lebih Tegas Menghukum Pelaku Tambang Ilegal

KABARBORNEO.ID – Menyoal aktivitas tambang ilegal di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) yang belum lama ini terungkap, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur, Muhammad Samsun menegaskan aparat perlu turun tangan menegakkan hukum.

“Sudah lah ini aparat penegak hukum harus tegakan hukum di negeri ini,” tegas Samsun.

Muhammad Samsun mengaku, sering sekali memberikan tanghapan terkait masalah aktivitas tak berizin tersebut. Secara tegas Samsun megatakan jangan sampai aparat penegak hukum melemah untuk penegakan hukum, apalagi keluhan datang dari masyarakat.

Menurut Samsun, jika aktivitas tersebut disegera ditindak tegas justru akan menimbulkan persoalan lain, salah satunya yakni konflik sosial (konflik horizontal). Sehingga, Samsun mendorong aparat tidak perlu ragu dan pandang bulu.

BACA JUGA :  Selain Pembangunan Teras Samarinda, Emira Moeis Harapkan Fasilitas Lainnya Masuk Dalam Program Prioritas

“Kalau kemudian ada pelanggaran artinya dampaknya pasti akan terjadi. Nah supaya tidak terjadi maka diaturlah undang-undang,” kata Samsun.

Hanya tinggal bagaimana penegak hukumnya yang menjalankan. Karena aturan sudah ada dan wilayah penegakan hukum itu ada di yudikatif (aparat penegak hukum). Kemudian DPRD sebagai fungsi pengawasannya.

Meski demikian, Politisi PDI Perjuangan ini meyakini untuk menyerahkan segala bentuk pelanggaran itu kepada penegak hukum untuk ditindak lanjuti.

“Saya yakin aparat penegak hukum kita adil dalam menegakkan keadilan dan tegas dalam menegakkan aturan,” tandasnya. (adv/dprdkaltim)

Related Articles

Back to top button