Advertorial

Manfaat Dari Perda PUG, Puji : Laki-laki dan Perempuan Memiliki Peran Yang Sama di Masyarakat

KABARBORNEO.ID – Wakil ketua komisi IV, Puji Setyowati mengatakan manfaat dari Pengarusutamaan Gender (PUG) memberikan manfaat yang besar bagi perempuan dan laki-laki. Khususnya peran keduanya sama di masyarakat.

Puji sampaikan bahwa PUG tidak menguntungkan salah satu pihak saja, perempuan dan laki-laki bisa mendapatkan pelayanan yang sama tanpa melihat perbedaan gender.

DPRD Kaltim juga akan membentuk Pansus hingga prosesnya saat ini, guna proses penyempurnaan Perda nomor 2 tahun 2016 itu.

“Perda PUG yang kami perjuangkan ini memberikan gerakan yang komperhensif, terintegrasi, lebih nyata dan lebih fokus akan dilaksanakan semua SKPD se-Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Tak sampai disitu, Perda PUG yang baru itu akan didesain lebih diperinci lagi tugas dari setiap SKPD. Ia juga menyampaikan keinginan untuk mengembalikan roh dari Perda ini.

BACA JUGA :  Laila Fatihah Beberkan Penyebab Program 10.000 Wirausaha Baru Belum Maksimal

Walau demikian, juga diperlukannya Peraturan Gubernur tentang pelaksanaan perda PUG. Agar SKPD di dalam RPJMD Pemprov Kaltim menjadi program prioritas, kemudian SKPD di Kaltim akan menjabarkan dalam rencana kerja mereka semuanya berprinsip responsif gender.

“Di kantor SKPD, itu harus ada ruang laktasi bagi ibu yang menyusui. Disitu fasilitasnya harus lengkap, ada lemari pendingin, AC sehingga ibu nyaman. Sebab mereka punya kewajiban untuk membesarkan anaknya,” tandasnya. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button