Advertorial

Mahasiswa UINSI Samarinda Sasaran Sosialisasi LAPOR! Goes to Campus

KABARBORNEO.ID – Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) atau SP4N LAPOR! Kembali dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Diskominfo Kaltim).

Dengan tajuk “Sosialisasi LAPOR! Goes to Campus”, mahasiswa perguruan tinggi menjadi sasaran sosialisasi kali ini oleh Diskominfo Kaltim, dimulai di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda.

Seksi Pelayanan Informasi dan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Kaltim, pada Pranata Humas Ahli Muda, Andi Abd Razaq, menjelaskan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk semakin menderaskan informasi tentang kanal aspirasi dan pengaduan masyarakat melalui kanal SP4N LAPOR!.

Demi mengawal kemajuan pembangunan, kepada kalangan mahasiswa lebih diharapkan mampu mengoptimalkan kanal SP4N LAPOR! sebagai wadah pengaduan dan kanal aspirasi dari masyarakat kepada pemerintah.

“SP4N LAPOR! ini adalah salah satu aplikasi nasional yang digunakan di seluruh tanah air. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai genersai muda harus mengetahui dan memahami,” terang Andi Abd Razaq dalam kegiatan Sosialisasi LAPOR! Goes to Campus di UINSI Samarinda, Kamis (16/11/2023) pagi.

Jika dulu tak ada tempat untuk menyampaikan aspirasi, kini di era kemajuan teknologi, masyarakat difasilitasi untuk berpartisipasi mengawal pemerintah dalam kegiatan pembangunan. Ia menambahkan, SP4N LAPOR! adalah cara mudah untuk menyampaikan aspirasi. Terutama bagi mahasiswa.

BACA JUGA :  Kembangkan SDM Samarinda, Joha Fajal Dukung Pemkot dengan Program Probebaya

“Sekarang, dunia dalam genggaman Anda. Manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya,” tegas Andi Abd Razaq.

Di tempat yang sama, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSI Samarinda, Dr. Mohammad Mahrus mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi di kampusnya. Baginya, ini adalah kesempatan berharga dan amal jariyah kepada para mahasiswa karena telah memberikan ilmu dan informasi yang bermanfaat.

“Ini adalah bagian dari upaya untuk berbuat adil. Menempatkan sesuatu pada tempatnya. Ketika punya aspirasi atau hal yang ingin disampaikan, SP4N LAPOR! ini lah wadahnya,” terang Mahrus.

Menurutnya, niat baik harus disampaikan dengan cara yang baik. Karena terkadang, mahasiswa yang sebenarnya memiliki niatan baik menyalurkan aspirasi. Namun disalurkan dengan cara-cara yang kurang baik. Bahkan kadang kala, cenderung merugikan orang lain.

“Memang aspirasi itu hak asasi. Tapi ingat, ada hak asasi orang lain yang harus kita hargai. Melalui SP4N LAPOR! ini bisa menyampaikan aspirasi tanpa mengganggu hak asasi orang lain,” imbuhnya.

Turut hadir dalam giat Sosialisasi LAPOR! Goes to Campus, Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal sebagai narasumber, Pranata Humas Ahli Pertama, Mardiasih serta diikuti ratusan mahasiswa UINSI Samarinda sebagai peserta. (AVA/ADV/DISKOMINFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button