Advertorial

Lestarikan Adat dan Tradisi Leluhur, Disdikbud Kukar Gelar Festival Budaya Bensemar 2024

KABARBORNEO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Festival Budaya Bensemar 2024. Bertempat di Kampong Tuha Kutai Bensemar, kegiatan itu di mulai pada 30 Mei hingga 1 Juni 2024.

Festival ini diawali dengan tradisi penyambutan tamu, ritual tepong tawar, pelas kampong, serta penyalaan obor brong. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai permainan tradisional daerah, pertunjukan tari dan musik tradisi, serta kreasi seni lainnya seperti Sri Bangun Art (Kota Bangun), Puandara (Kedang Ipil), Kelompok Musik Pelandok Bersayap, dan Orkes Sekar Kedaton.

Kepala Disdikbud Kukar, Tauhid Afrilian Noor, mengatakan bahwa Festival Budaya Bensamar merupakan bagian dari program pelestarian sejarah, pengembangan kebudayaan lokal, penguatan bahasa daerah, dan pembinaan kelompok seni masyarakat.

“Program ini selaras dengan misi besar Bupati Kutai Kartanegara untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya,” kata Tauhid pada Selasa (28/5/2024).

BACA JUGA :  Tingkatkan IPM, Disdikbud Kukar Adakan Program Paket A, B, dan C

Ia menambahkan bahwa Dusun Bensamar dipilih sebagai pusat kegiatan budaya karena wilayah tersebut masih dihuni oleh suku Kutai asli yang melestarikan adat dan tradisi leluhur.

“Kampong Bensamar dahulunya adalah suku Kutai Bensamar yang berasal dari Puak Kedang dan Puak Lampong. Tempat ini merupakan salah satu tempat istirahat kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura,” jelasnya.

Ia mengajak masyarakat untuk berkolaborasi dengan Pemkab Kukar dalam menjaga dan melestarikan adat tradisi masyarakat Kutai. Ia juga mengundang masyarakat Kaltim untuk menghadiri Festival Budaya Bensamar dan mengenal budaya Kutai secara langsung.

“Mari dukung terus misi penguatan budaya lokal di odah etam. Salam Budaya,” tutupnya. (ADV/DisdikbudKukar)

Related Articles

Back to top button