Advertorial

Jelang Hari Aids Sedunia, KPA Kaltim Langsungkan Rapat Evaluasi

KABARBORNEO.ID – Jelang Persiapan Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2023 yang akan diperingati setiap 1 Desember, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Kaltim melakukan Rapat Evaluasi Koordinasi yang dilakukan di Ruang Tenguyun lantai 4 Kantor Gubernur Kaltim, Senin (27/11/2023).

Sekretaris KPA Kaltim, Jurnanto menjelaskan, rapat ini merupakan pertemuan kedua untuk selanjutnya lebih membahas ragam kegiatan yang akan dilaksanakan dalam memperingati HAS tahun 2023.

Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “Let Communities Lead – World AIDS Day 2023” untuk menandai dampak penting yang dimiliki komunitas dalam membentuk respons terhadap HIV, serta kesehatan global secara keseluruhan.

“Kita disini ingin fokuskan kepada bagaimana stigma diskriminasi terhadap penderita AIDS atau Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) harus dihilangkan. Karena mereka juga punya hak yang sama seperti orang lain dalam kehidupannya. Maka kita harus berikan informasi yang jelas dan pendekatan dengan masyarakat di momen HAS 2023 ini. Nanti kita akan mendengarkan apa saja ragam kegiatan yang akan dilaksanakan oleh PKBI sebagai koordinator pelaksana HAS 2023 di Kaltim,” terang Jurnanto.

BACA JUGA :  Bahasa Kutai Jadi Salah Satu Materi Seni Budaya di SMPN 1 Tenggarong

Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif Daerah  Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kaltim, Asmuran Gautama menyampaikan berbagai ragam kegiatan yang akan dilaksanakan seperti mobile test yang akan serentak dilaksanakan di enam titik di Samarinda bekerja sama dengan Perempuan Pekerja Seks (PPS), kemudian mengadakan aksi damai di simpang Lembuswana bersama komunitas. Selain itu, nantinya juga akan ada talkshow mengenai hari AIDS di Kampus UINSI. Ada pula lomba twibbon di instagram yang sudah dilaksanakan sejak 25 November.

“Sebagai koordinator kegiatan, kami menghimpun kegiatan-kegiatan dari berbagai instansi dan institusi. Yang baru kami lakukan adalah  menyusun kegiatan dan koordinasi dengan Dinkes Provinsi, komunitas dan kampus-kampus. Alhamdulillah Dinkes Provinsi akan support doorprise untuk kegiatan lomba dan talkshow,” sebutnya.

Dalam rapat tersebut turut hadir instansi terkait seperti Diskominfo Kaltim, Biro Kesra, Biro Adpim Dinkes Kota Samarinda, PKK Prov Kaltim, PKBI Kaltim dan LSM Mahakam Plus. (AVA/ADV/DISKOMINFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button