Advertorial

Disdikbud Kukar Gelar Seleksi Pemilihan Sadi Sengkaka Duta Budaya Kukar 2024

KABARBORNEO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), menggelar kegiatan Sadi Sengkaka Duta Budaya Kutai Kartanegara, berlangsung di Ruang Serba Guna Lantai 3 Disdikbud Kukar.Pada Sabtu, (8/6/2024), kegiatan ini diikuti oleh 75 peserta dari 12 kecamatan.

Pembukaan seleksi dilakukan langsung oleh Sekretaris Disdikbud Kukar Maria Ester, didampingi Kabid Kebudayaan Puji Utomo dan Pamong Budaya Ahli Muda Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar Agus Syarifudin.

Menurut Maria Ester, tujuan seleksi ini adalah untuk mendapatkan duta budaya yang dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam mempromosikan budaya Kukar di tingkat lokal, provinsi, dan nasional.

“Harapan kami dari hasil seleksi ini bisa menjadi mitra kerja kita dan mempromosikan budaya yang ada di Kukar,” ujar Maria Ester.

Agus Syarifudin menambahkan bahwa seleksi duta budaya merupakan agenda tahunan Disdikbud Kukar.

BACA JUGA :  Guru SDN 005 Tenggarong Sukses Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

“Tahun ini kita berharap bisa menghasilkan satu perwakilan dari Kalimantan Timur, apakah di Putra atau Putri,” ungkap Agus.

Seleksi berlangsung selama dua hari, dengan tahap awal berupa wawancara untuk menjaring 20 finalis dari 75 peserta. Para finalis kemudian akan mengikuti pembekalan dan acara city tour di Desa Kutai Lama.

Agus juga menekankan pentingnya peran Duta Budaya dalam implementasi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Tujuan kita adalah peningkatan sumber daya manusia melalui pemilihan Duta Budaya yang dilaksanakan setiap tahun,” jelasnya.

Pemilihan Duta Budaya tingkat provinsi Kalimantan Timur juga akan dilaksanakan di Tenggarong bersamaan dengan Pekan Kebudayaan Daerah 2024.

“Mudah-mudahan hasilnya lebih baik dari tahun kemarin, dan penyelenggaraannya juga lebih baik,” tutupnya. (ADV/DisdikbudKukar)

Related Articles

Back to top button