Advertorial

Gubernur dan Wakil Gubernur Kompak Serahkan Zakat ke Baznas

KABARBORNEO.ID – Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, bersama dengan pejabat pemerintah, instansi vertikal, BUMD, dan perusahaan lainnya, telah menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kantor Gubernur Kaltim, pada Rabu (5/4).

Gubernur Kaltim, H Isran Noor, menyatakan bahwa berzakat adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh diabaikan dan sebaiknya dilakukan dengan kesadaran sendiri. Namun, ia juga menghimbau agar masyarakat membayar zakat melalui BAZNAS.

“Zakat itu sebuah kewajiban, tidak bisa diapa-apain dari pada dipaksa lebih bagus kesadaran sendiri,” tutur Isran.

Ketua BAZNAS Kaltim, H Ahmad Nabhan, mengungkapkan bahwa pada tahun 2022, pengumpulan dana zakat, infaq, dan shodaqoh mencapai Rp 8,7 miliar, meningkat Rp 1,9 miliar dari tahun sebelumnya. Nabhan berharap bahwa jumlah tersebut akan meningkat lagi di tahun 2023 dan mencapai target Rp 16 miliar yang ditetapkan oleh pusat. Ia juga mengajak masyarakat muslim dan beberapa perusahaan untuk membayar zakat mereka ke BAZNAS Provinsi agar target tersebut bisa tercapai.

BACA JUGA :  Wakil Ketua Komisi II DPRD Samarinda Pantau Harga LPG Selama Bulan Ramadhan

“Kami sangat berharap kepada kaum muslimin khususnya Pegawai Negeri Sipil hendaknya menyalurkan zakatnya kepada BAZNAS Kaltim,” pinta Nabhan.

Acara penyerahan zakat ini juga dirangkai dengan kerjasama program OPD, BUMD, perbankan, dan muzakki lainnya serta penyerahan santunan 2000 untuk yatim dan dhuafa di seluruh Indonesia. Gubernur Kaltim menyerahkan zakat harta sebesar Rp 25,6 juta dan Wakil Gubernur Kaltim Rp 10 juta kepada BAZNAS. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, kesadaran masyarakat untuk berzakat akan semakin meningkat. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button