Advertorial

Bupati Kukar Pimpin Upacara HGN 2023 di Halaman Kantor Bupati Kukar

KABARBORNEO.ID – Dihadiri oleh para kepala dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) serta ketua PGRI dari sembilan kabupaten/kota di Kalimantan Timur. Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 di halaman kantor Bupati, Sabtu, (25/11/12023).

Edi mengatakan, tema HGN tahun ini adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”. Tema ini mengajak seluruh insan pendidikan untuk bergerak bersama dalam merayakan kemerdekaan belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Kita harus bersyukur karena Kutai Kartanegara ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan HGN. Ini adalah kehormatan dan tanggung jawab bagi kita untuk menunjukkan bahwa kita peduli dan serius dalam mengembangkan pendidikan di daerah kita,” ujar Edi.

Edi menekankan, pendidikan merupakan faktor pundamental dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Ia mengingatkan, sumber daya alam yang kaya akan habis suatu saat, sehingga SDM yang handal lah yang dapat menggali potensi-potensi lain sebagai pengganti.

“Hari ini kita kaya akan sumber daya alam yang pada saatnya nanti akan habis, hanya sumber daya manusia yang handal lah yang nanti bisa kita harapkan untuk menggali potensi-potensi sebagai pengganti sumber daya yang tidak bisa terbaharui itu,” jelasnya.

BACA JUGA :  Perda Baru Terkait Pondok Pesantren, Salehuddin : Menjadi Payung Hukum Melindungi Hak Ponpes

Untuk itu, Edi mengajak para guru untuk tidak hanya memikirkan tugas dan fungsinya saja, tetapi juga memiliki tekad dan kemauan untuk meningkatkan kompetensinya. Ia mencontohkan, Pemkab Kukar telah meluncurkan program beasiswa 1000 guru sarjana untuk meningkatkan kualifikasi para guru.

“Jadi nanti tidak ada lagi di Kutai Kartanegara itu guru yang latar belakangnya pendidikannya bukan sarjana, itu kan sangat penting, kalau gurunya pintar, gurunya hebat, tentu murid-muridnya juga pintar dan hebat,” tuturnya.

Selain upacara, peringatan HGN di Kukar juga diisi dengan berbagai lomba olahraga dan seni (Porseni) yang diikuti oleh para guru dari sembilan kabupaten/kota. PGRI Kukar berhasil meraih juara umum Porseni Guru dan menerima piala dari Bupati Edi.

Pada kesempatan itu, Pemkab Kukar juga mendapatkan berbagai penghargaan dari Google Indonesia, seperti plakat penghargaan, plakat kandidat sekolah rujukan Google, penghargaan komunitas belajar terbaik se-Kaltim, dan penghargaan balai guru penggerak.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button