Advertorial

Antisipasi Varian Covid-19 Baru yang Masuk Di Kaltim dengan Menerapkan Prokes

KABARBORNEO.ID – Varian baru Covid-19 bernama Orthrus alias XBB1.16 sudah masuk di Kalimantan Timur (Kaltim). Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, dr. Jaya Mualimin mengatakan pada pertengahan bulan April ini sudah ada dua sampel kasus positif XBB1.16 yang diperiksa di Laboratorium Universitas Mulawarman.

Untuk itu, Jaya Mualimin mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik menghadapi penyebaran Covid-19 varian baru ini. Masyarakat bisa melakukan antisipasi dengan kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin, karena jenis varian ini cepat menular kepada orang lain.

“Selalu waspada, meski ringan namun penyebarannya cepat, ingat prokes selalu memakai masker, lakukan vaksinasi Covid-19 lengkap, menjaga stamina tubuh dan olahraga cukup, serta makan dan minum seimbang,” ungkap Jaya Mualimin saat dikonfirmasi awak media, pada Jum’at (28/5/2023).

BACA JUGA :  Humas KPID Kaltim Menjadi Narasumber Pada Podcast Mahasiswa Ilkom Unmul

Jaya juga menjelaskan bahwa setiap varian dari Covid-19 penanganannya sebenarnya sama, hanya saja tergantung dari kondisi fisik seseorang. Untuk itu dirinya berpesan kepada masyarakat agar selalu mengecek kesehatannya agar penyakit Covid-19 bisa dideteksi lebih awal dan tidak tersebar.

“Masyarakat yang terkena varian ini dengan kategori ringan bisa melakukan isolasi mandiri, akan tetapi bila kategorinya berat sudah pasti harus membutuhkan penanganan medis dari pemerintah,” ucapnya.

Data dari Dinas Kesehatan Kaltim saat ini telah terjadi kenaikan pasien positif Covid-19 sebanyak 25 orang di Kaltim. Terbanyak ada di Kota Balikpapan sehingga dikategorikan menjadi zona orange.

“Kita berdoa bersama, semoga ini menjadi lonjakan yang tidak berarti,” katanya.(ADV/DISKOMINFOKALTIM)

Related Articles

Back to top button