Advertorial

2024 IKN Diprediksi Beroperasi Penuh, Rusman Yaqub Minta UMKM di Balikpapan Tangkap Peluang

KABARBORNEO.ID  Dalam agenda pelatihan pengembangan kewirausahaan produk pangan di Balikpapan.

Menghadiri acara itu, Rusman Yaqub sebagai Anggota Komisi IV menyebut kehadiran IKN di Bumi Mulawarman, menjadi peluang signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian di daerah.

“IKN yang diprediksi akan beroperasi penuh mulai 2024 mendatang, akan memberi dampak pada jumlah penduduk di Kaltim nantinya. Melihat prediksi, dari 3,5 juta akan melonjak sampai 13 juta orang pada 2030 nanti,” jelas Rusman Yaqub, Senin (30/10/2023).

Merespon hal itu, Rusman katakan, hal tersebut tentunya menjadi peluang bagi UMKM di Balikpapan. Untuk itu, ia mendorong UMKM yang ada agar dapat mengembangkan produk melalui inovasi agar mampu menangkap peluang ekonomi kedepan.

BACA JUGA :  Muhammad Samsun Jabarkan Poin Penting di RTRW Kaltim 2022-2042

Serta meminta pelaku UMKM di Balikpapan untuk mengupgrade produk lokal dan juga keterampilan, serta pemodalannya, yang kemudian dilanjutkan dengan teknik pemasarannya.

Selain itu, dirinya menegaskan, ujung dari pelatihan UMKM yang dilakukan ini tidak hanya sampai pada proses menciptakan suatu produk saja, tetapi sampai kualitas produk tersebut memiliki kualitas yang bagus, kemudian pemasarannya bisa lebih baik lagi.

“Apalagi dengan kondisi zaman saat ini yang serba digitalisasi, karena hari ini 95 persen kehidupan kita dikendalikan oleh digitalisasi,” imbuhnya. (ADV/DPRDKALTIM)

Related Articles

Back to top button