Advertorial

16 Sekolah di Kukar Bakal Menjadi Sekolah Google Pada Tahun 2024

KABARBORNEO.ID – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menargetkan sebanyak 16 sekolah menjadi sekolah google pada awal tahun 2024. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Thauhid Afrilian Noor, mengatakan, sekolah-sekolah tersebut merupakan sekolah percontohan yang dipilih oleh Disdikbud Kukar. Sekolah google adalah sekolah yang menggunakan Teknologi Informasi (TI) sebagai basis pendidikan dengan memanfaatkan perangkat chromebook dan aplikasi google.

Lima di antaranya sudah siap secara teknis, namun masih menunggu kesiapan sarana dan prasarana. Kelima sekolah itu adalah SMP Negeri 1, 2, dan 3 Tenggarong, SMP Negeri 7 Muara Kaman, dan SMP Negeri 10 Loa Kulu.

“Guru-guru di sekolah-sekolah itu sudah kami latih. Sementara 11 sekolah lainnya akan segera menyusul dan kami targetkan selesai dalam satu bulan ini,” kata Thauhid, Kamis (16/11/2023).

BACA JUGA :  Sekwan Hadir Dalam Evaluasi Penyelanggaraan Pemerintahan 2022 Bersama PJ Gubernur Kaltim

Thauhid menjelaskan, syarat utama untuk menjadi sekolah google adalah ketersediaan listrik dan internet yang stabil. Untuk itu, Disdikbud Kukar sudah berkoordinasi dengan penyedia layanan dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar.

Thauhid berharap, dengan menjadi sekolah google, Kukar dapat mengikuti perkembangan zaman dan beradaptasi dengan Ibu Kota Negara (IKN) yang berlokasi di dekatnya. Ia mengatakan, saat ini chromebook untuk siswa masih dalam proses pengadaan, namun guru-guru sudah siap untuk menggunakannya.

“Kami tinggal menunggu chromebook untuk siswa datang. Kalau sudah datang, proses belajar mengajar dengan sistem sekolah google bisa langsung dimulai, karena guru-guru sudah paham,” ujarnya. (ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Related Articles

Back to top button