Advertorial

Pranata Humas Se-Kalimantan Timur Diajak Tingkatkan Kompetensi di Era Digital

KABARBORNEO.ID – Dalam Rapat Kerja Pranata Humas tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, Selasa (11/04/2023), seluruh Pranata Humas se-Kalimantan Timur diajak untuk meningkatkan kompetensinya melalui peningkatan wawasan.

Tema yang diusung adalah “Optimalisasi Peran Pranata Humas Dalam Pengelolaan Media Untuk Meningkatkan Kinerja Pemerintah di Era Digital”.

Menurut Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, dalam era digital, pemerintah harus bisa berimbang dengan kemajuan teknologi. Sebagai Humas, harus selalu siap dalam mengantisipasi kecepatan arus informasi. Ini untuk mendiseminasikan pesan positif dan prestasi pemerintah kepada publik agar terbangun kepercayaan serta reputasi negara dan lembaga.

Dirinya berharap Pranata Humas dapat berperan aktif melaksanakan komunikasi publik dalam membangun reputasi negara. Salah satu indikator kesuksesan pemerintah dalam melayani publik adalah kepercayaan publik itu sendiri. Selain dengan diseminasi publik, diperlukan mitigasi isu-isu yang berpotensi menjadi krisis komunikasi dalam implementasi kebijakan. Sehingga Pranata Humas dapat mencegah krisis-krisis yang terjadi dalam masyarakat melalui komunikasi publik.

“Selain dengan diseminasi publik, diperlukan mitigasi isu-isu yang berpotensi menjadi krisis komunikasi dalam inplementasi kebijakan. Sehingga Prahum dapat mencegah krisis-krisis yang terjadi dalam masyarakat melalui komunikasi publik,” jelas Faisal.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Baharuddin Muin Kembali Gelar Sosbang

Dalam kegiatan Raker juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Paser dan diikuti 108 peserta yang terdiri dari Pranata Humas se-Kalimantan Timur. Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Pranata Humas Ahli Madya, Ditjen Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo Santhy Verawaty Elfrida, S.Sos., M. Ikom, Praktisi Komunikasi Dr. Emilia Bassar, M. Si., IAPR dan Research and Training Manager PT. Indonesia Indicator Nur Imroatus, M. Hum.

Pelayanan kehumasan adalah pelayanan kepada masyarakat dengan baik agar mendapat kepercayaan, komitmen dan partisipasi yang lebih luas. Karenanya diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang memiliki keterampilan dan keahlian serta kompetensi yang mumpuni untuk menjalankan fungsi kehumasan secara proporsional dan profesional. Dalam rangka itu, seluruh Pranata Humas diharapkan dapat terus meningkatkan kompetensinya untuk memenuhi tuntutan zaman. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button