Advertorial

Pembangunan Dimulai, Gubernur Harap Gedung Pelayanan Jantung Terpadu Segera Selesai

KABARBORNEO.ID – Pembangunan Gedung Pelayanan Jantung Terpadu di Rumah Sakit (RS) Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan telah memasuki tahap 1.

Pada Senin, 1 Juni 2023, Gubernur Kaltim Isran Noor hadir dalam groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan fasilitas kesehatan itu.

“Semoga lancar dan berjalan dengan cepat. Karena ini sudah bulan Mei,” kata Gubernur Isran Noor saat meresmikan dimulainya pembangunan Gedung Pelayanan Jantung  Terpadu  Rumah Sakit (RS) Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

Isran Noor sangat berharap, pembangunan tahap 1 Gedung Pelayanan Jantung Terpadu ini bisa selesai sebelum akhir tahun anggaran 2023.

Pembangunan dalam tahap itu meliputi pekerjaan struktur gedung 6 lantai, kolom dan pekerjaan struktur gedung parkir (lantai basement dan kolom). Nilai kontrak untuk tahap awal mencapai Rp 95,8 miliar.  

“Bisa juakah ini selesai? Karena akhir September, Gubernurnya pangsiun (pensiun). Tidak apa-apa yang penting bisa selesai sebelum akhir anggaran tahun ini,” kata Gubernur, seperti dikutip dari laman www.kaltimprov.go.id.

Secara keseluruhan atau full scope (struktur sampai finishing) diperlukan dana sekitar Rp 357 miliar. Gubernur berharap agar pemimpin Kaltim berikutnya bisa melanjutkan proses pembangunan gedung ini pada tahun 2024 dan seterusnya.

Isran menyebut jika persetujuan pembangunan Gedung Pelayanan Jantung Terpadu ini juga berkat dukungan DPRD Kaltim.

“Mudahan gubernurnya nanti paham. Sebab DPRD-nya sudah paham,” canda Gubernur.

BACA JUGA :  Resmi Dilantik Encik Wardani dan Ari Wibowo Tampak Haru Usai Ucapkan Sumpah/janji

Gedung baru ini, menurut Gubernur Isran Noor sangat penting karena ke depan, seiring kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN), maka migrasi penduduk akan sangat tinggi ke Kaltim.

Tidak semua mereka akan menumpuk di IKN, tetapi pasti di daerah penyangga. Oleh sebab itu, Kaltim harus menyiapkan berbagai fasilitas, salah satunya fasilitas bidang kesehatan termasuk jantung.

Direktur RS Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, dr Edy Iskandar mengucapkan terima kasih karena rumah sakit milik Pemprov Kaltim di Kota Balikpapan ini dipercaya untuk dibangun Gedung Pelayanan Jantung Terpadu.

“Terima kasih Pak Gubernur yang telah mengizinkan anggaran untuk Gedung Pelayanan Jantung Terpadu dibangun di sini,”  kata Edy Iskandar

Dijelaskan bahwa RS Kanujoso juga telah ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan nasional untuk pelayanan jantung bersama RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Dalam operasinya, RS Kanujoso akan berada dalam pembinaan RS Harapan Kita Jakarta. Semua rumah sakit ini sudah terkoneksi, sehingga masing-masing  bisa saling memberi dukungan.

“Nanti kita akan berkolaborasi dengan RSUD  AWS, termasuk untuk operasi terbuka untuk anak yang mengalami kelainan jantung,” bebernya.

“Untuk kasus yang sulit, nanti tim dari RS Harapan Kita yang akan datang ke sini. Jadi tidak perlu lagi pasien yang ke Jakarta,” tambah Edy. (ADV/DISKOMINFO KALTIM)

Related Articles

Back to top button